Pidato Megawati 'Jangan Paksa Anak Masuk Politik' Dinilai Sindir SBY
Nasional

Menurut pengamat politik Hendri Satrio, sindiran Megawati kemungkinan besar ditujukan untuk SBY yang dinilainya tengah mempersiapkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sang putra untuk maju di Pilpres 2024.

WowKeren - Megawati Soekarnoputri sempat memberikan orasi di hadapan para bakal calon kepala dan wakil kepala daerah yang diusung PDIP dalam Pilkada 2020. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PDIP itu menyatakan bahwa akan ada perubahan peta politik di tahun 2024 karena kaum muda sudah mulai mendominasi.

Selain itu, Megawati juga meminta agar tak ada pihak yang memaksakan anak-anaknya apabila belum siap maju dalam Pemilu. "Tapi berhentilah, kalau kalian punya anak, anaknya itu enggak bisa, jangan dipaksa-paksa. Jengkel loh saya. Lah iya loh, ngapain sih, kayak enggak ada orang. Kader itu ya anak kalian juga, gimana ya? Kalau enggak anakne, kalau enggak istrine, kalau enggak keponakane," tutur Megawati pada Rabu (19/2) lalu.

Pernyataan Megawati tersebut lantas dinilai menyindir Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY. Menurut pengamat politik Hendri Satrio, sindiran Megawati kemungkinan besar ditujukan untuk SBY yang dinilainya tengah mempersiapkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sang putra untuk maju di Pilpres 2024.


"Sindiran Mega ini sebetulnya, enggak banyak petinggi politik yang anaknya dipersiapkan ke Pilpres," tutur Hendri dilansir detikcom pada Jumat (21/2). "Yang paling mudah adalah AHY anaknya SBY."

Meski demikian, Hendri menilai bahwa pesan pernyataan Megawati tersebut bernilai positif. Pasalnya, Megawati meminta agar pihak yang belum siap maju dalam Pemilu dan menjadi pemimpin untuk jangan dipaksakan. "Ini sih sindiran positif, artinya secara elektabilitasnya belum siap ya jangan dipaksakan," jelas Hendri.

Lebih lanjut, Hendri memberikan catatan untuk AHY apabila berniat mencalonkan diri di Pilpres 2024 mendatang. Hendri menyebut bahwa Fraksi Partai Demokrat di DPR harus memperjuangkan Presidential Threshold 0% atau tanpa ambang batas untuk bisa mencalonkan AHY sebagai Presiden.

"Perjuangannya itu harus dari DPR. Artinya, Fraksi Demokrat di DPR harus berjuang agar pada Pemilu atau Pilpres 2024 threshold-nya 0% atau tanpa ambang batas untuk mengajukan calon Presiden," pungkas Hendri. "Kalau tanpa ambang batas AHY bisa melenggang sebagai calon Presiden."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait