Lucinta Luna Dibully Jadi Transgender, Ini Pesan dr Boyke
Instagram/lucintaluna
Selebriti

Dalam vlog Abraham Silaban, dr Boyke sempat mengungkap kalau bukan perkara mudah untuk memutuskan menjadi transgender dimana pihak terkait harus melakukan tes kejiwaan dan hormon.

WowKeren - Lucinta Luna pernah dikabarkan habis dana cukup besar untuk operasi di Thailand. Ia melakukan sejumlah operasi demi menjadi sosok wanita tulen.

Kabarnya, Lucinta melakukan operasi kelamin, implan payudara hingga cangkok rambut. Sempat menyangkal sebagai pria, jati diri Lucinta sebagai transgender akhirnya terkuak usai dirinya ditangkap karena kasus narkoba.


"Transgender ini adalah suatu kondisi di mana, seorang yang jiwanya wanita, dan jasmaninya pria. Mereka adalah kelompok minoritas. Sehingga seakan-akan jiwanya terperangkap pada jasmani yang salah," ungkap dr. Boyke di vlog Abraham Silaban. "Karena dia jiwanya wanita, maka dia akan berusaha untuk menjadi wanita yang perfect, termasuk dia melakukan operasi kelamin."

"Ini dari faktor apa dok?" tanya Abraham. "Itu sangat kompleks, mulai dari faktor genetik, faktor di dalam kandungan ada, proses kelahiran, hingga proses ke pubertas," kata Boyke. "Jika ini dilakukan, apakah ada risiko?" kata Abraham.

"Untuk melakukan operasi kelamin, dari seorang pria ke wanita, itu kita nggak bisa langsung mengatakan 'Itu operasi kelamin'," seru Boyke. "Karena ada tahapan-tahapan. Dan tahapannya itu dengan tes oleh para psikiater. Mereka dites, bener nggak sih ini jiwanya wanita. Bener nggak sih dia terperangkap di tubuh pria. Nah melalui serangkaian tes tersebut, bisa diputuskan kalau dia menjadi wanita, memang betul kok dia wanita."

"Sekarang masalahnya adalah tubuhnya pria, hormonnya lebih banyak testosteron, dan akhirnya suntik hormon, untuk membesarkan payudara, dan hormon testosteron dimatikan," kata Boyke. "Ada risiko fatal untuk kesehatannya?" tanya Abraham. "Risiko fatal ya di operasinya, ada pendarahan hingga kematian," ungkap dr. Boyke.

"Risiko lain ada nggak?" desak Abraham. "Nggak ada, selama itu dilakukan oleh dokter yang baik, biasanya fine-fine aja," seru Boyke.

"Apakah kemungkinan orang yang sudah operasi transgender mungkin berbalik ke semula?" kata Abraham. "Biasanya itu mungkin saja terjadi, 'Gua nyesel jadi perempuan, pengen jadi laki-laki lagi'. Tapi kan sulit, membuat alat kelamin wanita lebih muda ketimbang membuat alat kelamin pria," kata Boyke.

Soal Lucinta yang dibully karena transgender, Boyke menilai kalau perubahan dari laki-laki ke perempuan adalah hak asasi siapapun. "Kita harus melihat, apakah hormonnya memang wanita atau ada pria, dia kepengen jadi wanita karena ikut-ikutan saja. Kalau kita lihat itu hak asasi, pilihan dia sendiri, kita tidak bisa terlalu terlibat. Nilai moral yang ada sih sebaiknya sih kalau masih bisa diperbaiki, dikembalikan lagi, tapi kalau betul-betul hampir 100 persen jadi perempuan, kita nggak bisa balikkan lagi," kata dr Boyke.

(wk/riaw)

You can share this post!

Related Posts