CEO Disney Bob Iger Mengundurkan Diri, Kenapa?
Film

Bob Iger sendiri dikenal sebagai sosok di balik bergabungnya studio-studio besar seperti Marvel Entertainment, Pixar, Lucasfilm, hingga Fox di bawah berdera Walt Disney Pictures.

WowKeren - Nama Bob Iger tentunya sudah tak asing lagi bagi para pecinta film-film Disney. Diketahui, Bob Iger memang menjabat sebagai CEO dari studio film raksasa tersebut.

Namun kini, laporan terbaru menyebutkan bahwa Bob Iger tak lagi menyandang status sebagai CEO. Dewan direksi Walt Disney telah mengumumkan bahwa Iger mengundurkan diri sebagai CEO dan akan mengemban peran sebagai ketua eksekutif. Bob Chapek, yang baru-baru ini menjabat sebagai pimpinan Disney park, akan berperan sebagai CEO baru.


Dilansir dari Cinemags, rupanya masa jabatan Bob Iger sebagai CEO memang telah berakhir, sehingga ia turun dari kursi CEO. Meski demikian, Iger masih akan berperan untuk mengarahkan visi kreatif perusahaan, sambil memimpin Dewan dan memberikan manfaat penuh dari pengalaman, kepemimpinan, dan bimbingannya untuk memastikan transisi yang lancar dan sukses sampai akhir kontraknya pada 31 Desember 2021.

Bob Iger sendiri awalnya adalah seorang eksekutif di ABC dan menjabat sebagai presiden saluran televisi tersebut hingga 1999. Tak lama setelah Disney membeli jaringan ABC, ia dipromosikan menjadi presiden Walt Disney International.

Bob Iger kemudian menjadi presiden dan COO Disney pada tahun 2000, menjadikannya penerus bagi Michael Eisner. Dan pada 2005, Iger secara resmi diangkat sebagai CEO baru Disney ketika Eisner mundur dari jabatannya.

Selama masa jabatannya di Disney, Iger mengawasi ekspansi Disney yang belum pernah terjadi sebelumnya meski dalam masa pergolakan di industri hiburan. Dia pertama kali menenangkan ketegangan yang terjadi dengan Pixar dan akhirnya mewujudkan pembelian studio animasi tersebut, kemudian mengawasi pembelian Marvel Entertainment pada 2009, pembelian Lucasfilm pada 2012, dan memelopori pembukaan taman hiburan Disney di Shanghai.

Di sisi lain, sebenarnya kontrak Iger dengan Disney telah berakhir pada 2018 tetapi kemudian diperpanjang hingga 2019 ketika perusahaan raksasa tersebut kesulitan menemukan penggantinya. Selama waktu itu, Iger mengawasi pembelian terbesar Disney hingga saat ini yaitu 20th Century Fox, dan peluncuran layanan streaming Disney+. Kemudian kontraknya diperpanjang untuk kedua kalinya hingga 2021.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts