'Negeri Para Dewa' Yunani Laporkan Kasus Corona Pertama
CDC/Getty Images
Dunia

Yunani melaporkan kasus virus corona pertama di negara mereka. Begini kronologi wabah mematikan tersebut bisa sampai masuk menembus 'Negeri Para Dewa' ini.

WowKeren - Wabah virus corona (Covid-19) saat ini begitu mengguncang dunia setelah dilaporkan menewaskan lebih dari 2.000 orang. Virus yang pertama kali muncul di pasar ikan dan hewan Wuhan, Tiongkok ini seolah tidak dapat dihentikan lantaran terus menyebar ke berbagai negara di belahan dunia lainnya.

Yunani menjadi salah satu negara terbaru yang turut terimbas epidemi ini. Kementerian Kesehatan Yunani telah mengumumkan kasus pertama virus corona yang masuk ke Negeri Para Dewa ini.

Korban pertama virus corona di Yunani tersebut adalah seorang wanita berusia 38 tahun. Dilansir Reuters, wanita ini sebelumnya berkunjung ke Milan, Italia pada pekan lalu. Wanita yang merupakan warga Kota Thessaloniki ini kemudian kembali ke Yunani pada 23 Februari lalu.

Kemenkes Yunani menyatakan jika wanita tersebut saat ini telah menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit Thessaloniki. "Dia dalam kondisi sehat dan terus dimonitor oleh sebuah tim di Thessaloniki," ujar Jubir Kementerian Kesehatan Yunani, Sotiris Tsiodras dilansir dari AFP, Rabu (26/2).


Pemerintah Yunani juga kini masih mengindentifikasi orang-orang yang sekiranya berhubungan dengan wanita tersebut. Mereka juga langsung memeriksa maskapai, penumpang, dan anggota kru pesawat yang ditumpangi wanita tersebut guna mencegah virus corona semakin meluas.

"Kami sedang melacak orang-orang yang melakukan kontak dengannya," jelas Menteri Kesehatan Yunani, Vassilis Kikilias kepada wartawan. "Juga maskapai dan, seperti kata protokol, dengan penumpang yang berada pada kedekatan tertentu dan anggota kru."

Adanya kasus corona pertama tersebut membuat Pemerintah Yunani menjalani pemeriksaan secara ketat terhadap warganya yang baru saja bepergian dari Italia Utara. Mereka diminta untuk tetap diam di rumah hingga dokter memastikan kondisi mereka bebas dari virus corona. Saat ini, sebanyak 10-15 orang telah dikarantina di Yunani.

Selain itu, Pemerintah Yunani juga langsung membatalkan semua cuti untuk para staf kementerian kesehatan dan rumah sakit. Hal ini sebagai langkah siaga setelah negara mereka terkena wabah ini untuk kali pertama. Pemerintah juga menutup sekolah di Thessaloniki.

Selain Tiongkok, virus corona saat ini dilaporkan telah menyerang Korea Selatan, Singapura, Jepang, Hong Kong, Thailand, Taiwan, Malaysia, Jerman, Vietnam, Amerika Serikat, Australia, Prancis, Macau, Uni Emirat Arab, dan Inggris. Selanjutnya virus ini juga ada di Kanada, Italia, Filipina, India, Iran, Rusia, Spanyol, Nepal, Kamboja, Belgia, Finlandia, Swedia, Sri Lanka, dan Mesir.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait