Tembus Amerika Latin, Brazil Laporkan Kasus Corona Pertama
BSIP/Getty Images
Dunia

Virus corona menembus Amerika Latin untuk pertama kalinya, negara Brazil mengumumkan seorang penduduknya positif terjangkit wabah Covid-19. Bagaimana kronologinya?

WowKeren - Wabah virus corona (Covid-19) saat ini begitu mengguncang dunia setelah dilaporkan menewaskan lebih dari 2.000 orang. Virus yang pertama kali muncul di pasar ikan dan hewan Wuhan, Tiongkok ini seolah tidak dapat dihentikan lantaran terus menyebar ke berbagai negara di belahan dunia lainnya.

Setelah Yunani meramaikan daftar negara yang terkena virus corona, kini giliran Brazil yang mengumumkan kasus pertama virus corona di negara mereka. Adanya kasus corona di Brazil tersebut juga membuat epidemi tersebut menembus wilayah Amerika Latin untuk kali pertama.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Brazil menyatakan jika seorang penduduk mereka yang tinggal di Sao Paolo telah terdiagnosis positif virus corona pada Rabu (26/2). Pria berusia 62 tahun yang terkena virus corona tersebut diketahui baru saja kembali ke Brazil pada 21 Februari lalu setelah berkunjung ke Italia selama 10 hari.


Pria lansia tersebut sebelumnya sempat datang ke dokter setelah mengeluh sakit dengan gejala flu. Setelah menjalani pemeriksaan, Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paulo mengatakan bahwa pria itu dinyatakan positif saat dites PCR pada Senin (24/2). Kini, pria tersebut telah menjalani perawatan di ruang isolasi.

Kemenkes Brazil menyatakan jika kondisi kesehatan pria tersebut masih baik dan akan terus dimonitor selama 14 hari ke depan. Menteri Kesehatan Brazil, Luiz Henrique Mandetta menyatakan jika saat ini pihaknya tengah mencoba mengidentifikasi warga yang telah berkontak dengan si pasien, termasuk keluarga yang bersangkutan.

Seperti yang diketahui, Italia saat ini tengah menjadi negara di Eropa yang paling terpukul akibat wabah virus corona setelah ditemukan lebih dari 359 kasus dan dilaporkan menyebabkan 11 kematian. Kini, Agen Sanitasi Brazil Anvisa telah meminta daftar penumpang pada penerbangan dari Italia ke Brazil yang ditumpangi pria tersebut guna mengantisipasi penyebaran virus ini.

Menkes Mandetta juga mengatakan agar warganya tidak perlu panik setelah mendengar adanya kasus virus corona di Brazil. Ia yakin pemerintah dapat mengatasi penyebaran virus ini sehingga tidak memakan banyak korban lagi. "Kita perlu lebih kalem, ini sebuah flu dan kami akan mengatasinya," kata Mandetta seperti dilansir CNN.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait