Dokter AS Sebut Virus Corona Bisa Hidup 9 Hari di Benda Mati, Begini Tanggapan Ahli
Nasional

Menurut pernyataan seorang peneliti Amerika Serikat (AS) menyebutkan jika virus corona bisa hidup selama 5 menit hingga 9 hari di benda mati. Menanggapi pernyataan tersebut Kepala Lembaga Eijkman Institute turut mengungkapkan pendapatnya.

WowKeren - Peneliti dari Badan Kesehatan AS (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) menyebutkan bahwa virus corona bisa bertahan 5 menit hingga 9 hari ketika menempel di benda mati.

Virus bisa bertahan selama itu jika benda-benda mati tersebut tak didisinfektan. Sehingga sangat mungkin orang tertular virus corona ketika menyentuh permukaan yang sudah terkontaminasi, "lalu menyentuh mulut, hidung, atau mungkin mata mereka," jelas badan kesehatan AS (Centers for Disease Control and Prevention/CDC).

Menanggapi pernyataan tersebut, Kepala Lembaga Eijkman Institute Amin Soebandrio mengatakan jika sifat tersebut merujuk pada virus corona secara umum seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).


Lebih lanjut, ia mengatakan jika kajian khusus terkait penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19 yang terjadi Wuhan, Tiongkok masih belum ada. "Info itu (virus corona bisa hidup di benda mati) kepada virus corona pada umumnya, belum ada yang khusus SARS-CoV-2 [atau lebih dikenal dengan COVID-19]," kata Amin dilansir CNNIndonesia, Rabu (26/2).

Kendati demikian, ada kemungkinan sebuah benda terpapar virus yang terbawa bahan biologi seperti sputum (dahak, mukus yang keluar saat batuk dari saluran pernapasan atas). "Tapi mungkin saja, apalagi jika bersama bahan biologik lainnya (sputum dan sebagainya)," pungkas Amin. "Di Indonesia belum (kajian soal COVID-19)."

Sebelumnya diketahui untuk mencegah terjadinya infeksi kepada manusia, ada perlunya kita untuk membersihkan permukaan benda yang terpapar dengan disinfektan bisa efektif menonaktifkan virus tersebut.

Campuran pembersih yang disarankan yaitu campuran 62-71 persen ethanol, 0,5 persen ethanol peroxida atau 0,1 persen sodium hypoclorite. Adapun pilihan lain itu dengan menggunakan pemutih selama satu menit.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru