Bukan Air Dingin, 8 Bahan Makanan Ini Ampuh Banget Usir Rasa Pedas Yang Menyiksa Lidah
Kuliner

Kadar ketahanan orang terhadap rasa pedas tentu berbeda-beda. Jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dengan level yang diatas batas wajar, sudah pasti lidah akan terasa panas dan terbakar.

WowKeren - Makanan Indonesia memang dikenal memiliki cita rasa yang kaya. Dalam satu masakan saya terdapat banyak rempah-rempah untuk membuat rasanya sangat nikmat. Rasa pedas merupakan salah satu hal yang enggak boleh ketinggalan dalam banyak masakan Indonesia.

Namun tak setiap orang Indonesia bisa makan makanan pedas. Kadar ketahanan orang terhadap rasa pedas tentu berbeda-beda. Jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, apalagi pedas dengan level yang diatas batas wajar, sudah pasti lidah akan terasa panas dan terbakar.

Jika sudah begini, banyak orang akan meminum air dingin. Minum air dingin malah membuat lidah terasa lebih panas dan rasa pedas malah sulit hilang. Oleh karena itu, berikut tim WowKeren rangkum 8 bahan makanan yang ampuh banget untuk hilangkan rasa pedas yang menyiksa kalian. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Susu Sudah Dipercaya Jadi Pereda Rasa Pedas Sejak Lama


Susu Sudah Dipercaya Jadi Pereda Rasa Pedas Sejak Lama

Susu bisa jadi cara cepat untuk menghilangkan rasa panas terbakar setelah menyantap makanan pedas. Penelitian dari New Mexico State University, protein pada susu dapat meredam rasa pedas dari senyawa capcaisin.

Sebaiknya minum susu bersuhu hangat atau sus steril jika ada. Selain dipercaya bisa menghilangkan racun-racun dalam tubuh, susu steril bisa menghilangkan rasa pedas di mulut dengan cepat. Lemak yang terdapat di dalam susu ini bisa menetralisir sensasi panas yang ada di mulut sehingga rasa pedas bisa hilang dengan cepat.

2. Jika Rasa Pedas Tak Tertahankan, Ambil Dan Makan Sedikit Roti


Jika Rasa Pedas Tak Tertahankan, Ambil Dan Makan Sedikit Roti

Makanan yang mengandung tepung seperti roti berguna untuk menyerap rasa pedas di lidah. Pada dasarnya, cabai mengandung minyak bila dikonsumsi di dalam tubuh. Minyak itu akan terserap roti yang kita makan, sehingga rasa pedasnya luntur.

Cara meredakan pedasnya juga cukup mudah. Kalian hanya perlu kunyah roti setelah selesai menyantap hidangan pedas untuk menetralkan rasa di lidah. Selain roti, makanan yang mengandung zat tepung seperti kentang rebus atau nasi hangat juga bisa menyerap rasa pedas.

3. Sama Seperti Susu, Yogurt Juga Ampuh Redakan Rasa Pedas Menyiksa


Sama Seperti Susu, Yogurt Juga Ampuh Redakan Rasa Pedas Menyiksa

Selain susu, produk turunannya seperti yoghurt juga bisa dimanfaatkan saat rasa pedas menyerang. Sama seperti susu, yoghurt pun punya kandungan lemak seperti susu yang bisa menghilangkan sensasi terbakar di mulut akibat makanan pedas.

Berdasarkan data USDA (United States Department of Agriculture), hampir 80 persen protein di dalam yoghurt adalah kasein. Kasein dapat memecah senyawa capcaisin dan menghasilkan efek dingin yang nyaman di lidah. Rasanya yang manis dan asam juga akan mengurangi dominasi rasa pedas yang kuat.

4. Hilangkan Pedas Dengan Rasa Asam Seperti Lemon Atau Jeruk Nipis


Hilangkan Pedas Dengan Rasa Asam Seperti Lemon Atau Jeruk Nipis

kalau sedang makan makanan pedas saya biasa menyediakan air jeruk nipis untuk berjaga-jaga. Rasa asam dari jeruk nipis ini sangat ampuh untuk menghilangkan rasa pedas dengan cepat. Makanan asam ini punya pH rendah. Nah, pH yang rendah ini dapat menetralkan rasa pedas pada makanan berbahan cabai atau merica yang punya sifat basa.

Selain jeruk nipis, anda juga bisa menggunakan jeruk lemon atau bahkan cuka apel. Selain itu, lemon atau cuka apel yang punya rasa kuat yang dapat ‘mengalahkan’ cita rasa makanan pedas. Tapi sebaiknya perhatikan dosis saat akan meminum larutan asam tersebut agar tak menimbulkan masalah pada kesehatan.

5. Selai Kacang Atau Kacang-kacangan Lain Punya Kandungan Yang Hilangkan Pedas


Selai Kacang Atau Kacang-kacangan Lain Punya Kandungan Yang Hilangkan Pedas

Saat rasa pedas melanda dan tak kunjung hilang, cobalah untuk makan sesendok selai kacang. Selai ini juga bisa menetralisir rasa pedas di dalam mulut karena kandungan lemak/minyak dan gulanya yang tinggi.

Selai kacang atau kacang-kacangan, seperti kacang tanah, banyak mengandung lemak yang dapat melunturkan rasa pedas, sama seperti susu dan yoghurt. Menyantap kacang bisa menetralisir rasa pedas yang menggigit.

6. Garam Dan Gula Juga Ampuh Atasi Rasa Pedas Yang Menyiksa


Garam Dan Gula Juga Ampuh Atasi Rasa Pedas Yang Menyiksa

Garam dan gula adalah bahan yang mudah ditemukan di rumah. Cara menghilangkan pedas dengan dua bahan alami ini cukup mudah. Letakkan garam di bawah lidah dan biarkan meleleh. Untuk gula, kalian hanya perlu mengemutnya di dalam mulut sampai rasa pedas berkurang.

Rasa manis gula ditambah sifatnya yang mudah cair akan melarutkan rasa pedas yang menempel di lidah. Selain gula biasa, bisa juga menggunakan madu atau gula kotak. Gula berbentuk padatan kotak lebih mudah menyerap minyak capcaisin dari makanan pedas.

7. Selain Bervitamin, Jus Buah Juga Bisa Hilangkan Rasa Pedas Loh


Selain Bervitamin, Jus Buah Juga Bisa Hilangkan Rasa Pedas Loh

Efek dari makan pedas juga bisa membuat kepala terasa pusing. Jika sudah begitu berarti kalian sangat dehidrasi. Untuk mengatasinya segera minum jus buah untuk menetralkan pedas dan meredakan pusing.

Pisang atau buah-buahan yang berserat efektif mengusir rasa pedas. Kandungan seratnya yang tinggi membantu melarutkan pedas yang menempel di lidah dan mulut. Selain itu, rasa manis alami dari buah juga ampuh menghilangkan rasa pedas di mulut.

8. Meski Menyiksa, Namun Air Hangat Ampuh Banget Usir Rasa Pedas


Meski Menyiksa, Namun Air Hangat Ampuh Banget Usir Rasa Pedas

Jika tak ada bahan-bahan di atas yang tersedia saat anda kepedasan, ambil saja air putih panas atau hangat lalu teguk perlahan. Meminum air hangat lebih ampuh menghilangkan rasa pedas ketimbang meminum air dingin. Walau begitu, kalian harus siap dengan efeknya.

Saat meminum air hangat, mulut yang tadinya sudah kepedasan akan semakin memanas sebentar. Namun, dalam beberapa kali tegukan, rasa pedasnya akan segera mereda. Walau 'menyakitkan' tapi dijamin pedas di mulut akan langsung reda dengan cara simpel ini.

Selain itu, intip juga yuk rekomendasi kuliner pedas yang legendaris banget di Surabaya di sini. Simak juga beberapa tips menyimpan sambal agar awet dan enggak gampang busuk di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel