Pertama Terjadi, Seekor Anjing Peliharaan Di Hong Kong Positif Corona
Ohlander/Unsplash
Dunia

Virus corona yang mewabah di berbagai negara rupanya tidak hanya menyerang manusia saja. Baru pertama kali terjadi, covid-19 turut serang seekor anjing peliharaan.

WowKeren - Dunia sedang diguncang dengan virus corona (covid-19) yang terus mewabah ke berbagai negara. Virus yang pertama kali muncul di pasar ikan dan hewan Wuhan, Tiongkok tersebut dilaporkan telah menewaskan lebih dari 2.000 orang.

Namun, baru-baru ini telah muncul laporan mengejutkan seputar wabah virus corona. Covid-19 untuk pertama kalinya telah menyerang seekor anjing peliharaan di Hong Kong. Anjing tersebut diperiksa setelah sang pemilik positif terkena virus corona. "Saat ini, AFCD belum memiliki bukti bahwa binatang peliharaan bisa terinfeksi virus Covid-19 atau bisa menularkan virus itu ke manusia," jelas lembaga tersebut seperti dilansir CNN.

Departemen Pertanian, Perikanan, dan Konservasi Hong Kong (AFCD) lantas mengumumkan jika anjing tersebut positif terkena virus corona meskipun virusnya tergolong lemah. Anjing tersebut juga tidak menunjukkan gejala-gejala apapun meskipun terkena virus corona.

Selain itu, AFCD juga masih belum menemukan bukti-bukti yang akurat terkait penyebaran virus corona pada hewan peliharaan. Mereka masih bingung apakah hewan peliharaan dapat tertular virus corona atau menjadi hanya menjadi sumber infeksi bagi manusia.


Temuan tersebut lantas membuat AFCD akan melakukan tes lebih lanjut. Hal ini demi mendapatkan jawaban untuk mengkonfirmasi apakah anjing tersebut benar-benar terinfeksi virus atau merupakan hasil dari kontaminasi lingkungan pada mulut dan hidung anjing.

Nantinya, pengujian yang akan dilakukan pada anjing tersebut dengan menggunakan sampel oral. Sampel tersebut akan dikumpulkan dari hidung dan dubur anjing itu sebagai bahan pengujian.

AFCD juga mulai bersiaga terhadap segala hewan peliharaan yang telah ditinggal pemiliknya setelah terinfeksi corona di Tai Hang. Hewan-hewan peliharaan tersebut rencananya akan langsung dikrimkan ke fasilitas pemeliharaan anjing di Hong Kong-Zhuhai-Macau Bridge.

Sementara itu, anjing yang terinfeksi corona tersebut diyakini milik anggota Klub Joki yang saat ini telah menjadi pasien dan diisolasi. Pasien tersebut merupakan satu di antara 93 kasus yang telah dilaporkan oleh Hong Kong sejauh ini.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru