Anies Baswedan Diminta Dengar Saran Jokowi Terkait Penanganan Banjir Jakarta
Instagram
Nasional

Pengamat Politik asal Universitas Paramadina Hendri Satrio lantas menilai bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebaiknya melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo.

WowKeren - Memasuki tahun 2020, kawasan DKI Jakarta sudah 6 kali direndam banjir dengan luas wilayah yang signifikan. Selain itu, Ibu Kota juga sempat 2 kali direndam banjir dengan wilayah terdampak yang minim, yakni 2-4 titik.

Akibatnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun kerap menerima kritik. Nama Anies juga sering masuk dalam jajaran trending topic di media sosial karena kerap mendapat keluhan dari warganet.

Pengamat Politik asal Universitas Paramadina Hendri Satrio lantas menilai bahwa Anies sebaiknya mengikuti saran Presiden Joko Widodo. Diketahui, Jokowi sempat menjadi Gubernur DKI sebelum pertama kali terpilih menjadi Presiden pada 2014 silam.

"Saya saran kepada Gubernur Anies untuk mengikuti saran dari Presiden Jokowi," tutur Hendri dilansir Kompas.com pada Senin (2/3). "Sebab sebagai Presiden, Jokowi lebih memiliki kekuasaan dan keleluasaan untuk mengeluarkan kebijakan yang dapat menjadi solusi penyelesaian banjir di Jakarta."


Selain itu, Hendri juga menyebut bahwa Anies dan Jokowi seharusnya melakukan pertemuan khusus untuk mendiskusikan berbagai persoalan di Jakarta, terutama banjir. Dengan demikian, masalah di Ibu Kota bisa dikonsultasikan dan solusi bersama dapat didiskusikan.

"Sebetulnya ingin juga kita ngeliat kebersamaan Presiden dan Gubernur Jakarta, tapi kan kejadian ini belum pernah terjadi," ungkap Hendri. "Jokowi dan Anies kalau ketemu cuma numpang acara lain. Tak pernah khusus bertemu (memperbincangkan Jakarta)."

Lebih lanjut, banjir yang berulang kali di Jakarta ini dinilai bisa menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Anies. Oleh sebab itu, Hendri berharap dengan adanya pertemuan dengan Jokowi, rasa percaya masyarakat terhadap Anies terkait penanganan banjir bisa tumbuh kembali.

"Wah kalau kepercayaan sih sangat mungkin menurun, tapi kemungkinan tidak banyak turunnya," pungkas Hendri. "Sebab, warga sih pasti banyak yang kesal, tapi warga yang korban banjir sebagian besar memang sudah sering kebanjiran."

Sebelumnya, Anies bahkan sempat didesak untuk mundur dari kursi Gubernur DKI oleh beberapa kalangan masyarakat. Tuntutan tersebut disampaikan lewat spanduk bernada sindiran soal banjir yang terpampang di dua titik di Jakarta Pusat.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait