Polusi di Tiongkok Turun Drastis, Salah Satu 'Berkah' Wabah Corona?
Dunia

Foto yang menunjukkan penurunan taraf polusi di Tiongkok akibat wabah corona beredar di dunia maya. Peristiwa tersebut lantas disebut oleh netizen sebagai salah satu 'berkah' dari wabah COVID-19.

WowKeren - Negara Tiongkok diketahui sebagai sumber virus corona (COVID-19). Menurut data worldometers, di Tiongkok sendiri tercatat 80 ribu lebih pasien positif corona, dengan korban meninggal sebanyak lebih dari 2.900 jiwa.

Meski begitu, rupanya wabah corona tak selalu dikaitkan dengan kesedihan. Bahkan di foto-foto satelit yang beredar di media sosial menunjukkan penurunan taraf polusi nan dramatis di seantero Tiongkok yang "setidaknya sebagian" disebabkan kelesuan ekonomi akibat virus corona.

Foto tersebut berasal dari badan antariksa Amerika Serikat, NASA. Peta NASA menunjukkan kemerosotan taraf nitrogen dioksida tahun ini.

NASA mengemukakan intensitas kegiatan pabrik-pabrik di Tiongkok menurun hingga mencapai rekor lantaran banyak pemilik pabrik menghentikan produksi guna menghambat penyebaran virus corona.

Para ilmuwan NASA mengatakan pengurangan taraf nitrogen dioksida, gas yang disemburkan kendaraan bermotor dan cerobong pabrik pertama kali tampak di dekat sumber wabah, Kota Wuhan, namun kemudian menyebar ke berbagai penjuru negeri.


NASA pun membandingkan foto satelit Januari-Februari 2019 dengan periode yang sama tahun ini. Badan antariksa tersebut mencatat bahwa penurunan taraf polusi bersamaan dengan jutaan orang dikarantina serta larangan terhadap aktivitas bisnis dan transportasi.

"Ini kali pertama saya menyaksikan penurunan drastis di area yang begitu luas untuk peristiwa spesifik," kata Fei Liu, peneliti kualitas udara dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard milik NASA.

Polusi di Tiongkok Turun Drastis, Salah Satu \'Berkah\' Wabah Corona?

Twitter

Menyebarnya foto tersebut di media sosial tentunya mengundang komentar yang beragam dari warganet. Foto yang diunggah oleh akun Twitter @semestasains sendiri telah di-retweet sebanyak lebih dari 1.300 kali dan disukai lebih dari 1.800 pengguna.

"Ternyata corona ada dampak positifnya juga," komentar @Yo*******ng. "Tanpa mengurangi rasa duka yg mendalam pd korban bencana global ini, ada sesuatu hal yg alam telah sampaikan pd kita (Manusia)," ujar @M******ry.

"Ekonomi menurun, tapi lingkungan membaik. Sepaket lah, plus dan minus," kata @a*******dri. "Selalu ada hal baik di balik hal yg buruk," bijak @ha*****by.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru