Antisipasi Corona, JK Imbau Jamaah Masjid Bawa Sajadah dari Rumah
Nasional
Wabah Virus Corona

JK meminta agar seluruh lantai di masjid dan musala dijaga kebersihannya. Misalnya dengan menggunakan cairan desinfectant. begitu pula dengan sajadah masjid sebagai alas untuk sujud.

WowKeren - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menginstruksikan kepada seluruh pengurus masjid untuk menjaga kebersihan. Hal itu menyusul masuknya virus corona di Indonesia.

"Sehubungan dengan masuknya wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia, Pimpinan Dewan Masjid Indonesia (DMI) M," kata Tim media JK melalui keterangan tertulis, Kamis (5/3). "Jusuf Kalla menginstruksikan kepada seluruh pengurus maupun takmir masjid maupun musala, agar setiap saat menjaga kebersihan wilayah lingkungan masjid maupun musala."


JK meminta agar seluruh lantai di masjid dan musala dijaga kebersihannya. Misalnya dengan menggunakan cairan desinfectant. Begitu pula dengan sajadah masjid sebagai alas untuk sujud. JK menyarankan untuk dibersihkan menggunakan vacuum cleaner.

"Mengimbau kepada seluruh jajaran pimpinan wilayah, daerah, cabang, dan ranting untuk melakukan langkah sanitasi siaga bersama DKM dan takmir masjid atau musala, dengan teratur menjaga kebersihan lantai masjid atau musala dengan cairan disinfectant," lanjut Tim Media JK. "Menjaga kebersihan karpet dan alas salat lainnya dengan rutin/konstan (penggunaan vacuum cleaner alat pembersih lainnya sangat dianjurkan)."

Begitu juga dengan tempat wudu agar terus diperhatikan kebersihannya. Untuk menjaga kebersihan dan sebagai langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus corona, JK mengimbau agar para jamaah yang hendak salat ke masjid membawa sendiri sajadah dari rumah.

"Menjaga kebersihan tempat wudu dan toilet dengan cairan disinfectant," tutur Tim Media JK. "Menghimbau para jamaah salat agar membawa sajadah atau sapu tangan/kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing."

Sementara itu, JK meminta agar para jamaah yang mengalami gejala sakit seperti batuk, demam, hingga sesak napas, untuk beribadah di rumah. "Meminta para jamaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu/sesak napas agar melaksanakan salat di rumah hingga sembuh," imbau JK.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts