Seleksi Kompetensi Bidang CPNS di Depan Mata, BKN Ungkap Kisi-Kisi
Nasional

SKB menjadi tahap selanjutnya yang harus dihadapi para pelamar seleksi CPNS tahun anggaran 2019. Berbeda dengan SKD yang lebih 'umum', tahapan SKB akan lebih spesifik pada jabatan yang dilamar.

WowKeren - Tahapan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2019 akan memasuki babak baru. Bila sebelumnya jutaan pelamar harus berhadapan dengan soal di Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), maka kali ini peserta harus menaklukkan "rintangan" di Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Sedianya SKB pun akan digelar dalam waktu dekat, mengingat hasil SKD siap diumumkan pada pekan terakhir Maret 2020. Mendekati hari H pelaksanaan, Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun memberikan sedikit petunjuk soal tes tersebut.

Menurut BKN, ada dua hal yang patut diperhatikan untuk menerka materi yang bakal dihadapi di SKB esok. Yang pertama adalah payung hukum atau peraturan yang menaungi jabatan pelamar, sedangkan yang kedua adalah bidang pendidikan yang diperlukan di jabatan tersebut.

"Clue nya. Cari Permenpan dan peraturan instansi terkait mengenai jabatan itu. Kombinasikan dengan bidang pendidikanmu yg berkaitan dgn jabatan tsb," cuit BKN pada Sabtu (7/3) pekan lalu. "Ingat, penyusun soal bidang adalah masing2 instansi pembina jabatan tsb."


"Cari klo ada peraturan internal instansinya, selebihnya pertajam aja sesuai materi terkait latar belakang pendidikan yg dipersyaratkan saat pendaftaran," imbuh BKN.

Beberapa hari tak memberi kabar, kini BKN kembali memberikan sedikit petunjuk terkait materi yang bakal dihadapi di SKB mendatang. Secara spesifik, BKN meminta peserta mencari regulasi jabatan terkait sebagai bahan belajar SKB.

"Per Februari 2020, total ada 199 Jabatan Fungsional. Sementara Jabatan Pelaksana ada 3.417 di 51 Bidang," kata BKN, Rabu (11/3). "Penyusun soal Jafung ada di Instansi Pembina Jafung & Jab Pelaksana di instansi masing2. Cari referensi regulasi jabatan, pertajam jg dr background bidang pendidikan kalian."

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas BKN, Paryono, sudah membocorkan jadwal tes SKB yang akan digelar. "Tes ini digelar pada 25 Maret sampai 10 April 2020," ungkap Paryono, dikutip dari Kompas.

Untuk tesnya sendiri, bisa dilaksakanan dengan memakai sistem Computer Assisted Test (CAT) atau menggunakan ragam jenis lainnya. "Tes Potensi Akademik, Tes Praktik Kerja, Tes Bahasa Asing, Tes Fisik atau kesamaptaan, Psikotes, Tes kesehatan jiwa, dan/atau wawancara," demikian kutipan dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) 23/2019.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait