Ingin Solo Traveling Tapi Masih Takut? Tenang Saja, Intip 7 Tips Aman Jalan-jalan Sendirian Berikut
Travel

Solo traveling atau berjalan-jalan ke tempat wisata terkesan menjadi hal yang super menakutkan. Namun, solo traveling akan sangat menyenangkan dan tidak menakutkan jika kalian mengetahui beberapa tips-nya.

WowKeren - Solo traveling atau berjalan-jalan ke tempat wisata saat ini sedang menjadi hal yang difavoritkan banyak orang. Bagi orang-orang yang belum pernah melakukan perjalanan sendiri, solo traveling terkesan menjadi hal yang super menakutkan.

Hal ini karena saat solo traveling kalian harus berkeliling di tempat baru dengan menanggung semua resiko sendirian, harus mengambil keputusan tanpa pertimbangan dari orang lain dan harus berinteraksi dengan orang asing tanpa ada satupun orang di samping kalian. Namun, solo traveling bakal membantu kalian mengenal diri sendiri.


Solo traveling akan sangat menyenangkan dan tidak menakutkan jika kalian mengetahui beberapa tips-nya. Nah apa saja tips tersebut? Berikut tim WowKeren rangkum 7 tips penting agar kalian bisa berjalan-jalan sendiri dengan aman dan nyaman. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Pastikan Untuk Pahami Budaya Lokal Sebelum Kalian Berkunjung Ke Suatu Tempat


Pastikan Untuk Pahami Budaya Lokal Sebelum Kalian Berkunjung Ke Suatu Tempat

Setiap daerah atau negara mempunyai budaya berbeda-beda. Ketika kalian berkunjung ke suatu tempat, pelajari budaya yang mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kalian juga dapat mempelajari bahasa mereka agar tidak salah bicara saat berpapasan dengan orang lokal. Misalnya sapaan selamat pagi, selamat malam, terima kasih, dan sebagainya.

Beberapa ungkapan sederhana seperti "terima kasih", "minta tolong", dan ungkapan lainnya yang dibutuhkan. Hal ini karena meskipun kalian hanya traveling di Indonesia, namun ada beberapa daerah yang penduduknya tidak mengerti bahasa indonesia dan hanya berkomunikasi menggunakan bahasa daerah.

2. Cari Informasi Lokasi Tujuan Sebanyak Mungkin Agar Kalian Tidak Mudah Kena Tipu


Cari Informasi Lokasi Tujuan Sebanyak Mungkin Agar Kalian Tidak Mudah Kena Tipu

Supaya tidak bingung, carilah informasi sebanyak mungkin tentang tempat yang kalian tuju. Kalian bisa memanfaatkan internet untuk mencari tahu daerah, akomodasi, sampai transportasi di sana. Bila memungkinkan, pantau harga tiket pesawat atau kereta api dari tempat asal. Dengan begini, kalian bisa mengatur budget perjalanan tetap aman usai liburan.

Selain itu, kalian juga wajib mencari segala informasi sedetail mungkin terkait hal-hal yang kamu butuhkan. Misalnya kamu ingin pergi ke sebuah tempat wisata, cari informasi mulai dari mode transpotasi teraman yang bisa kamu gunakan, rute jalan yang akan kamu tempuh, serta tempat wisata seperti apa yang ingin kamu datangi. Hal ini penting kamu lakukan karena biasanya orang yang terkena penipuan adalah orang yang terlihat kebingungan.

3. Terlalu Ramah Bisa Bikin Rawan, Hati-hatilah Saat Berkenalan Dengan Orang Baru


Terlalu Ramah Bisa Bikin Rawan, Hati-hatilah Saat Berkenalan Dengan Orang Baru

Agar suasana traveling tidak terasa sepi, kalian dapat menjalin komunikasi dengan orang-orang baru yang ada di sekitar tujuan wisata. Lemparkan senyum jika ada orang yang menoleh ke arah Anda dan ucapkan sepatah dua patah kata ketika mereka mengajak mengobrol.

Namun kalian juga harus tetap berhati-hati saat kenalan dengan orang baru. Jangan mudah dan langsung percaya dengan orang yang baru dikenal demi keselamatan perjalanan kalian. Buat diri kalian terlihat sama seperti penduduk sekitar dengan gaya yang standar. Jangan malah heboh menunjukkan bawa kamu adalah turis.

4. Tiap Daerah Memiliki Aturan, Jadi Hati-hati Dalam Berucap Dan Berpakaian Ya


Tiap Daerah Memiliki Aturan, Jadi Hati-hati Dalam Berucap Dan Berpakaian Ya

Mencari tahu seperti apa budaya tempat yang akan dijadikan tujuan traveling adalah hal penting. Jangan sampai kalian salah menggunakan pakaian yang dianggap tabu atau tidak sopan didaerah tersebut. Beberapa daerah memiliki aturan khusus terkait pakaian wanita.

Misalnya saja Aceh yang mewajibkan para wanita menutup rambut saat berada di luar rumah. Kalian perlu cari tahu, bagaimana gaya berpakaian di lokasi liburan. Hindari pakaian yang dianggap tabu atau tidak sopan oleh masyarakat setempat. Ini turut membantu kalian terhindar dari hal-hal tak menyenangkan di jalanan.

5. Pastikan Ponsel Selalu Aktif Untuk Mencegah Terjadi Hal Yang Tidak Diinginkan


Pastikan Ponsel Selalu Aktif Untuk Mencegah Terjadi Hal Yang Tidak Diinginkan

Handphone adalah benda utama yang akan membantu kalian saat traveling. Mulai dari browsing informasi, pesan tiket, download peta, cari rumah makan, dan lain sebagainya: semua mengandalkan ponsel. Untuk itu usahakan agar ponsel tetap aktif untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, selalu memberi tahu dimana kalian berada dan kemana kalian akan pergi juga merupakan hal yang penting saat melakukan perjalanan sendirian. Sehingga orang-orang terdekatmu tidak khawatir. Dan juga dengan begitu ketika terjadi sesuatu, mereka akan mudah untuk melacak dan memberikan pertolongan.

6. Pilihlah Penginapan Di Wilayah Yang Ramai Agar Terhindar Dari Kejahatan


Pilihlah Penginapan Di Wilayah Yang Ramai Agar Terhindar Dari Kejahatan

Pemilihan lokasi penginapan memerlukan pertimbangan yang cukup matang saat kalian memutuskan pergi sendirian. Sewaktu-waktu kamu tentu perlu pergi ke minimarket, ATM, atau mungkin tempat makan. Jika kamu pergi bersama teman tentu hal tersebut bukan hal yang perlu dirisaukan karena kalian bisa meminta mereka untuk menemani. Hal berbeda tentu terjadi saat kamu pergi seorang diri di mana kalian tidak bisa meminta siapapun untuk menemani.

Pilihlah tempat menginap yang lokasinya cukup strategis dekat dengan minimarket, ATM, dan tempat makan. Selain itu, jika memungkinkan, pilihlah penginapan non-campur. Harga dorm campuran dihargai lebih murah daripada dorm khusus perempuan atau laki-laki. Seandainya dalam suatu perjalanan kalian pergi sendirian maka ada baiknya kalau kalian memilih dorm khusus perempuan atau laki-laki.

7. Ingat! Jangan Beri Tahu Orang Lain Jika Hendak Bepergian Sendirian


Ingat! Jangan Beri Tahu Orang Lain Jika Hendak Bepergian Sendirian

Ketika kita traveling sendirian usahakan jangan sampai banyak orang mengetahui hal tersebut. Paling tidak, jika orang berpikir bahwa di tempat tersebut kalian mengenal seseorang, orang akan berpikir dua kali jika mau melakukan hal buruk kepadamu. Hal ini juga berlaku saat kalian sedang menunggu sendiri di suatu tempat atau berada di alat transpotasi umum.

Ketika ada yang bertanya apakah kalian pergi sendiri, jawab saja kalau kalian pergi bersama teman dan terpisah karena teman sedang ada perlu. Meskipun tak semua orang jahat, namun lebih baik berhati-hati. Karena tak apa berbohong demi keselamatan dan kenyamanan perjalananmu.

Intip juga yuk beberapa rekomendasi kota yang cocok banget untuk dijelajahi sendirian di sini. Simak juga beberapa kegiatan yang cocok dilakukan untuk me time [u=https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00266961.htmldi sini[u].

You can share this post!

Related Posts