Bangun Jalan Pertama di Ibu Kota Baru, Pemerintah Siapkan Rp 300 Miliar
Nasional

Akses jalan menuju ke ibu kota akan terbagi menjadi 3 jalur yakni dari Balikpapan ke Ibu Kota Baru, dari Penajam Paser Utara menuju Ibu Kota Baru, dan dari Samarinda ke Ibu Kota Baru.

WowKeren - Pembangunan infrastruktur di ibu kota baru membutuhkan anggaran dana yang tidak sedikit. Untuk kebutuhan awal pembangunan jalan pertama saja, anggarannya bisa mencapai 200 hingga 300 miliar rupiah.

Anggaran tersebut merupakan uang muka untuk pembangunan jalan pertama. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Dirjen Cipta Karya Danis Sumadilaga. "Paling sekadar uang muka saja Rp 200 atau 300-an miliar nanti akan dihitung lagi," ujar Danis di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (12/3).

Adapun sumber anggaran tersebut berasal dari anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang berasal dari APBN. Baru setelah itu akan diambilkan dari dana non APBN. Dana non APBN yang dimaksud yakni lewat kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

"Uang muka kan nggak harus besar, semua subjek ke regulasi lah," tutur Danis. "Kalau dimungkinkan akan diambil dari misalnya kita melakukan revisi anggaran Kementerian PUPR yang ada."


Adapun tahap pertama pembangunan jalan itu, akan ada tiga jalan akses menuju ibu kota. Ada dua opsi yakni jalan tol dan non tol. Sedangkan ketiga ruas yang dimaksud yakni dari Balikpapan ke Ibu Kota Baru, kemudian dari sisi selatan Penajam Paser Utara menuju Ibu Kota Baru, dan dari Samarinda ke Ibu Kota Baru.

Sementara itu terkait groundbreaking rencananya akan dimulai pada Oktober 2020 mendatang. Proses itu baru akan dimulai setelah tahap desain dan pengadaan selesai dilakukan di bulan sebelumnya.

"Desain selesai Mei-Juni ini, Juli sampai September proses pengadaan," ujar Danis. "Jadi groundbreaking dipastikan akhir semester kedua ini atau sekitar Oktober 2020."

Selain jalan akses ke ibu kota baru, pembangunan tahap awal juga akan meliputi pembuatan bendungan dan drainase. "Tahap awalnya akses jalan ke ibu kota negara, lalu bendungan, dan drainase," sambungnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait