CinemaCon 2020 Batal Digelar Akibat Wabah Corona
Cinemacon.com
Film

CinemaCon sendrii merupakan sebuah acara tahunan gagasan NATO yang mempertemukan rumah produksi Hollywood, pemilik bioskop, dan sineas dari seluruh dunia.

WowKeren - Bukan rahasia lagi kalau wabah COVID-19 alias virus corona yang menyebar dari Wuhan ke seluruh penjuru dunia membuat banyak gelaran internasional ditunda, bahkan batal dihelat. Hal tersebut tentunya dilakukan sebagai langkah antisipasi semakin meluasnya penyebaran corona.

Yang terbaru, acara tahunan CinemaCon 2020 juga batal digelar. Sebenarnya, acara ini awalnya akan dihelat pada 30 Maret hingga 2 April mendatang di Caesar's Palace, Los Angeles. Namun pihak penyelenggara memutuskan untuk membatalkan gelaran tersebut demi antisipasi.


"Dengan sangat menyesal kami mengumumkan pembatalan CinemaCon 2020," kata Presiden National Association of Theatre Owners (NATO), John Fithian, seperti dikutip dari The Hollywood Reporter pada Jumat (13/3).

NATO diketahui memutuskan untuk membatalkan CinemaCon 2020 beberapa jam setelah Presiden Donald Trump mengumumkan larangan kunjungan orang dari Eropa ke Amerika Serikat. Sementara itu, 20 persen delegasi CinemaCon berasal dari luar negeri.

"Sebagian besar komunitas film di seluruh dunia tidak dapat menghadiri CinemaCon," kata Fithian melanjutkan.

Sebagai informasi tambahan, CinemaCon sendrii merupakan acara tahunan gagasan NATO yang mempertemukan rumah produksi Hollywood, pemilik bioskop, dan sineas dari seluruh dunia. Bahkan biasanya sejumlah studio besar menjadikan acara ini sebagai debut untuk merilis promo-promo dari proyek anyar mereka, seperti teaser atau bahkan trailer.

Di sisi lain, wabah corona sendiri memang memberikan dampak buruk bagi sejumlah sektor industri, termasuk perfilman. Selain pembatalan event-event tahunan seperti CinemaCon, sejumlah studio film juga beramai-ramai menunda perilisan proyek baru mereka.

Sejauh ini, sejumlah proyek yang telah dikonfirmasi menunda jadwal tayang di antaranya adalah "Mulan", "The New Mutants", dan "Antlers" dari Disney, lalu ada "F9" dari Universal Pictures, "A Quiet Place Part II" dari Paramount Pictures, "No Time To Die" dari MGM, "My Spy" dari STX Entertainment, dan "Peter Rabbit 2: The Runaway" dari Sony.

(wk/luth)

You can share this post!