Jadi Media Penularan Corona, Menag Minta Karpet Masjid Digulung
Nasional

Tak hanya menggulung karpet masjid, ia juga meminta masjid untuk melakukan langkah antisipasi dengan menyemprotkan disinfektan atau cairan antiseptik di area masjid.

WowKeren - Menteri Agama Fachrul Razi menilai jika karpet yang digunakan sebagai alas salat bisa menjadi media penularan virus. Oleh sebab itu, ia meminta agar pihak masjid menggulung karpet-karpet mereka.

"Sekarang akan mengimbau semua masjid melakukan hal yang sama," kata Fachrul di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3). "Satu, menggulung semua karpet-karpetnya karena ternyata itu salah satu sumber penyakit."

Tak hanya menggulung karpet masjid, ia juga meminta masjid untuk melakukan langkah antisipasi penyebaran Covid-19 dengan menyemprotkan disinfektan atau cairan antiseptik di area masjid. Begitu juga dengan para jamaah, ia mengimbau agar mereka tak melakukan kontak fisik seperti bersalaman maupun cipika cipiki.

"Sementara waktu ini tidak lagi bersalaman apalagi cipika cipiki karena ini ternyata media penularan penyakit," kata Fachrul. Ia juga mengimbau agar para jamaah mengambil air wudu dari air yang mengalir. oleh sebab itu, pihak masjid juga harus menyiapkan sabun dan cairan antiseptik untuk para jamaah.


Ia berharap agar dengan cara ini penyebaran virus corona bisa ditekan semaksimal mungkin. "Mudah-mudahan dengan itu akan menjadi lebih baik, penularan penyakit menjadi lebih sedikit," ucap mantan Wakil Panglima TNI ini.

Selain itu, untuk menekan penyebaran virus corona, Fachrul juga menyarankan agar jamaah yang bersuhu badan 38 derajat ke atas sebaiknya tidak melaksanakan salat Jumat di masjid. Sebab hal itu dikhawatirkan justru akan menulari jamaah lainnya yang sehat.

Di pintu masjid nantinya akan ada pemeriksaan suhu tubuh bagi jamaah yang hendak masuk. "Nanti kami siapkan bisa melalui pintu-pintu masuk dites satu per satu. Mudah-mudahan jemaah lebih tenang melakukan ibadah," tuturnya.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan penggulungan karpet berkaca dari kasus penyebaran corona yang menimpa jemaah di Malaysia dan Brunei Darussalam. "Penularannya oleh karpet. Saudi Arabia pun melakukan hal yang sama," tutur Umar.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait