Pasien Positif Corona Nekat Kabur Larikan Diri Dari RSUP Persahabatan, Kok Bisa?
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Seorang pasien yang dinyatakan positif terkena virus corona (covid-19) nekat kabur melarikan diri dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, bagaimana ceritanya?

WowKeren - Pemerintah Indonesia telah mengumumkan lonjakan pasien virus corona (covid-19) di Tanah Air menjadi 34 orang. Angka tersebut begitu melesat kurang dalam seminggu setelah pada Minggu (8/3) lalu, kasus corona di Indonesia hanya sebanyak 6 kasus saja.

Mulai mewabahnya virus corona di Indonesia tentunya membuat sebagian masyarakat menjadi panik. Apalagi, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan baru saja mengumumkan jika salah satu pasiennya yang dinyatakan positif terkena virus corona telah kabur melarikan diri.

Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan, Erlina Burhan menceritakan jika pasien tersebut merupakan seorang wanita yang sempat diisolasi. Pasien tersebut lantas melarikan diri sekitar seminggu lalu dari ruang isolasi RSUP Persahabatan.

"Mungkin Minggu yang lalu, perempuan," kata Erlina di RSUP Persahabatan, Jumat (13/3). "Kami mendapatkannya (informasi) dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, menyatakan positif (terkena virus corona)."


Erlina yang juga merupakan juru bicara RSUP Persahabatan mengatakan jika pasien tersebut berdomisili di Jakarta. Ia menjelaskan jika pasien tersebut kabur saat sedang menjalani perawatan dan dijemput oleh keluarganya.

Erlina sendiri tidak menjelaskan secara detail bagaimana pasien tersebut dapat kabur. Ia juga tidak memberikan keterangan seputar hubungan pemeriksaan pasien dengan kontak kasus positif corona Indonesia yang lainnya.

Kini, Erlina masih belum memastikan keberadaan pasien tersebut. Meski demikian, pihaknya akan terus mencari keberadaan sang pasien ataupun kemungkinan sang pasien telah berada di Rumah Sakit lain yang menjadi rujukan baru.

"Iya (pasien orang Jakarta). Diam-diam dia sudah keluar dan keluarganya sudah jemput," ujar Erlina. "Nanti saya cek apakah keluar dari RSUP Persahabatan tanpa kita ketahui ini apakah dia kemudian dijemput dan dirawat di rumah sakit yang lain."

Saat ini, kasus virus corona di Indonesia juga telah memakan korban jiwa. Presiden Joko Widodo baru saja mengonfirmasi jika sebanyak 2 pasien yang dinyatakan positif corona telah meninggal dunia sejauh ini.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts