Guru 'Ngebet' Beri PR, Sejumlah Sekolah Belum Libur Di Tengah Wabah Corona
Rawpixel
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Guru ingin memberikan pekerjaan rumah kepada para siswa, bikin sejumlah sekolah belum diliburkan di tengah-tengah wabah virus corona (COVID-19) di Indonesia.

WowKeren - Penyebaran wabah virus corona (covid-19) di Indonesia saat ini semakin mengganas. Pemerintah Indonesia baru saja mengumumkan lonjakan pasien virus corona di Tanah Air dari yang sebelumnya 96 orang, saat ini menjadi 117 orang positif covid-19.

Akibatnya, Presiden Joko Widodo mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk memulai membatasi diri di ruang publik. Imbauan yang diberikan adalah dengan meliburkan sekolah hingga para pekerja diharapkan bisa bekerja di rumah.

Beberapa pimpinan daerah hingga provinsi telah mengeluarkan surat untuk meliburkan para siswa dari TK hingga SMA selama dua pekan. Bahkan, beberapa perguruan tinggi juga melakukan aksi serupa dengan melakukan kuliah secara daring (online) dari rumah.

Namun, rupanya ada sejumlah sekolah yang belum libur hingga Senin (16/3) hari ini. Salah satunya adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Porong, Sidoarjo, Jawa Timur yang masih belum meliburkan siswanya.

SMP ini diketahui akan mulai meliburkan siswanya pada Selasa (17/3) besok. Sebab, hari ini diakui akan dimanfaatkan para guru untuk memberikan tugas-tugas atau pekerjaan rumah (PR) bagi siswanya.


Kemudian, khusus siswa kelas IX akan diberikan tugas khusus untuk persiapan menjelang Unas. Tugas akan diberikan guru secara online. Selain itu, para siswa juga akan diberikan edukasi dan sosialisasi di hari Senin ini terkait penyebaran corona.

"Memang libur sekolah dimulai besok, Selasa (17/3), karena hari ini dimanfaatkan untuk memberikan tugas masing-masing siswa," kata Suprayitno Arie Putra selaku Koordinator Tata Usaha SMP Negeri 3 Porong, Senin (16/3). "Khusus kelas IX semua siswa hari ini untuk diberikan tugas belajar di rumah secara online. Karena untuk persiapan jelang Unas."

Hal serupa juga terjadi di Brebes, Jawa Tengah. Meski Gubernur Jateng Ganjar Pranowo telah menginstruksikan seluruh sekolah se-Jawa Tengah untuk libur, namun sejumlah sekolah terpantau masih belum libur hari ini.

SMP Negeri 2 Jaribarang, SMP Negeri 1 Brebes dan SMP Negeri 2 Brebes masih menyuruh siswanya masuk. Sekolah-sekolah tersebut hanya meminta para murid untuk masuk hingga pukul 09.00 WIB untuk diberikan PR selama libur besok.

"Masih berangkat hari ini, tapi hanya sampai pukul 09.00. Karena untuk menerima tugas dari masing-masing guru mapel," kata Kepala SMP Negeri 1 Brebes, Dharma Suhaeri. "Supaya mereka tahu tugas yang harus dikerjakan selama belajar mandiri di rumah."

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts