Detergen Disebut Bisa Bunuh Virus Corona, Ini Faktanya
Nasional

Juru Bicara penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan bahwa virus corona akan mudah mati apabila terkena detergen. Apakah benar seperti itu? Ini faktanya..

WowKeren - Penyebaran virus corona di Indonesia yang meningkat membuat Juru Bicara penanganan covid-19, Achmad Yurianto menekankan pentinganya masyarakat untuk menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan tidak berbagi alat makan termasuk juga menjaga kebersihannya.

Pria yang akrab dipanggil Yuri itu juga menyebutkan jika virus corona akan mudah mati apabila terkena detergen. "Yang penting tidak berbagi alat makan, minum," ujarnya ketika menggelar konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (16/3).

"Silakan pakai di rumah tapi langsung dicuci pakai sabun karena kita tahu virus ini sangat rapuh jika terkena detergen, dia akan gampang pecah, gampang mati," sambungnya. "Detergen apa pun."

Kerap kali kita menggunakan kata sabun dan detergen secara bergantian padahal keduanya berbeda. Di dalam detergen, terdapat kandungan zat kimia yang berfungsi untuk memecah dan menghilangkan minyak serta kotoran.


Detergen dalam rumah tangga biasanya digunakan sebagai sabun pencuci pakaian hingga penghilang noda. Sedangkan sabun merupakan salah satu jenis detergen yang disebut ampuh menangkal virus corona dengan cara yang mudah dan sederhana. Hanya saja bukan sabun sembarangan, melainkan sabun antiseptik.

Menurut The Association for Professionals in Infection Control and Epidemology (APIC) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, penggunaan sabun antiseptik disebut mampu membunuh dan menghambat pertumbuhan organisme serta mengurangi jumlah mikroba lebih lanjut.

Adapun detergen atau sabun yang mengandung antiseptik Providone Iodine atau PVP-I lah yang diklaim terbukti secara klinis memiliki spektrum luas terhadap virus, bakteri, dan kuman patogen, termasuk terhadap virus seperti MERS-COV dan SARS-COV.

dr. Murtaza Qasuri dari Medical Director Mudhiparma South East Asia menjelaskan dua mekanisme kerja iodine pada detergen antiseptik sehingga mampu membunuh mikroorgnaisme seperti virus, bakteri, maupun jamur. Mekanisme pertama, iodine disebut mampu berinteraksi dengan lipid atau lemak yang terdapat pada dinding sel setiap mikroorganisme.

Iodine tersebut mengintervensi lemak tersebut sehingga pecah dindingnya, kemudian virus mikroorganisme tersebut mati. “Yang kedua, setiap mikroorganisme itu di dalamnya ada sitoplasma atau cairan sel yang di dalamnya juga banyak protein dan lemak," tuturnya. "Nah, pada saat iodine masuk ke dalam tubuh mikroorganisme,maka dia akan merusak atau mengoksidasi secara internal dari sel tersebut, atau istilahnya bisa membunuh dari dalam."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait