Tekan Sebaran Corona, Ma'ruf Imbau Masyarakat Tak Mudik Lebaran Kecuali Terpaksa
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut jika memang masyarakat terpaksa untuk mudik ke kampung halaman, maka harus berhati-hati terhadap potensi penularan virus Covid-19.

WowKeren - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengimbau agar masyarakat tidak dulu melakukan aktivitas mudik lebaran menjelang akhir Ramadan nanti. Hal itu demi menekan penyebaran virus corona di negeri ini.

Ma'ruf mengimbau agar masyarakat berpikir ulang sebelum mudik karena hal itu selain untuk menjaga diri sendiri juga agar tidak memberikan kerugian pada orang lain. Ia mengakui jika silaturahmi adalah hal yang baik dan bahkan hal ini juga dianjurkan dalam Islam namun lebih baik lagi jika tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan kerugian pada orang lain.

"Maka itu juga orang pergi mudik, menurut saya saat ini menjaga diri itu lebih dianjurkan," kata Ma'ruf, Kamis (19/3). "Silaturahim itu baik, tapi menjaga diri jangan sampai berbuat sesuatu yang merugikan itu lebih baik."


Meski demikian, bagi masyarakat yang terpaksa mudik ke kampung halaman, Ma'ruf mengimbau agar masyarakat bisa benar-benar menjaga diri terhadap potensi penularan virus corona. Sebab seperti diketahui selama ini, ketika musim mudik tiba maka fasilitas umum seperti terminal, bandara, dan pelabuhan akan banyak dipadati orang-orang. Begitu juga di dalam moda transportasi. Sehingga hal ini akan meningkatkan potensi penyebaran corona.

"Kalau memang harus terpaksa mudik, pastikan bisa menjaga diri dari kemungkinan adanya potensi penularan di sana," tutur Ma'ruf. Selain itu, Ma'ruf juga mengingatkan jika menjalin silaturahmi tidak harus dilakukan dengan berinteraksi langsung.

Saat ini, kemajuan teknologi telah memungkinkan seseorang untuk berhubungan dengan keluarga dan sanak saudara meskipun terpaut jarak yang jauh. "Ya, tidak hanya lewat tekno, bisa lewat medsos dan WhatsApp, IG, jadi silaturahimnya jarak jauh aja. Itu anjuran saya karena itu kalau memang maksa pulang dia harus bisa pastikan aman," kata Ma'ruf.

Sebelumnya, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyebut jika pemerintah bisa saja mengeluarkan larangan untuk mudik di tengah meluasnya penyebaran virus corona ini. Penyebaran corona sudah menjadi persoalan serius yang harus ditangani pemerintah.

(wk/riaw)

You can share this post!

Related Posts