Siap Dipakai Pekan Depan, Wisma Atlet Bakal Tampung 2000 Pasien Corona
pu.go.id
Nasional

Lama tak berpenghuni, Wisma Atlet Kemayoran sedianya akan dimanfaatkan untuk menampung pasien positif COVID-19. Sedianya sarana baru ini akan siap digunakan pekan depan.

WowKeren - Pasien positif kasus COVID-19 di Indonesia terus bertambah. Yang terbaru, sebanyak 309 orang dinyatakan positif terinfeksi virus tersebut, dengan 25 diantaranya meninggal dunia.

Penambahan jumlah pasien positif ini tentu harus diimbangi dengan ruang perawatan yang memadai. Untuk mengakali masalah itulah, pemerintah berniat untuk menggunakan berbagai sarana yang selama ini "nyaris tak terdengar" kabarnya. Salah satunya adalah Wisma Atlet Kemayoran.

Yang terbaru, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Letjen TNI Doni Monardo menyatakan Wisma Atlet Kemayoran siap dipakai untuk menampung pasien COVID-19 mulai pekan depan. Sedianya wisma tersebut bisa menampung sampai dua ribu pasien.

"Pak Presiden telah beri tugas ke Menteri BUMN dan Menteri PUPR untuk menyiapkan Wisma Atlet tanggal 23 (Maret) atau hari Senin yang akan datang," ujar Doni lewat siaran langsung rilis persnya pada Kamis (19/3). "Diharapkan bisa menampung 1.000-2.000 orang pasien."


Nantinya para pasien akan ditangani Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) dan Kementerian Kesehatan. Tim dari Kogabwilhan ini, menurut Doni, telah berpengalaman menangani COVID-19 sejak proses pemulangan WNI dari Wuhan, China hingga ratusan Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess maupun World Dream.

"Demikian juga tokoh-tokoh dan pengusaha telah menyanggupi menyediakan fasilitas hotel mana kala fasilitas dari pemerintah terbatas," imbuh Doni yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu, dilansir dari CNN Indonesia. "Baik di Jakarta dan daerah lain."

Upaya pemerintah menambah fasilitas medis tak berhenti sampai di situ. Saat ini Kementerian Kesehatan telah memberikan rekomendasi untuk rumah sakit milik TNI, Polri, dan BUMN agar ikut membantu menangani pasien positif.

"Sekarang juga sudah ada tiga RS swasta yang dapat izin," terang Doni. "Menyusul dua RS yang akan datang."

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memberikan restu soal wacana penggunaan wisma yang terdiri atas 10 tower tersebut. "Jika diperlukan bisa memanfaatkan Wisma Atlet di Kemayoran. Ini kapasitas cukup besar, kalau enggak keliru 15 ribu," ungkap Jokowi.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait