'Izinkan' Salat Jemaah Digelar, Imam Besar Istiqlal Minta Jaga Jarak 2 Meter
Nasional

Nasaruddin Umar mempersilakan masyarakat tetap menggelar salat berjemaah, termasuk salat Jumat, apabila memang dirasa masih aman. Namun ada beberapa 'persyaratan', seperti berikut ini.

WowKeren - Baru-baru ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) merilis fatwa terbaru yang melarang pelaksanaan salat berjemaah di tengah wabah virus Corona. Larangan ini dikeluarkan demi mencegah penyebaran virus semakin menjadi-jadi.

Larangan ini pun sempat menjadi pro dan kontra. Salah satu yang kontra dan belakangan menjadi pembicaraan panas adalah dari postingan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn.) Gatot Nurmantyo.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, pun ikut mengomentari perihal ini. Awalnya, Nasaruddin tak banyak berkomentar soal salat Jumat yang tetap dilaksanakan di beberapa wilayah lantaran dianggap aman dari wabah COVID-19.

Namun Nasaruddin mengimbau agar masyarakat yang salat Jumat di wilayah tersebut tetap menjaga jarak antarjemaah di dalam saf. Nasaruddin sendiri menetapkan jarak sejauh dua meter.


"Kalau mau berjamaah karena di daerahnya dianggap masih aman, maka perlu lakukan imbauan internasional yakni jarak salat dua meter," ujar Nasaruddin dalam jumpa persnya, Jumat (20/3). Menurutnya menjaga jarak ketika salat berjemaah merupakan upaya untuk menekan risiko penyebaran virus Corona.

Lebih lanjut, Nasaruddin menjelaskan bahwa penyebaran virus Corona ini begitu membahayakan. Oleh karenanya, menjaga jarak satu sama lain merupakan solusi agar terhindar dari bahaya tertular, termasuk ketika salat berjemaah.

Menurut Nasaruddin, menjaga jarak saat salat di tengah wabah virus Corona tidak salah. Meski dalam Islam setiap kali melaksanakan ibadah salat, baik salat wajib lima waktu maupun salat Jumat para jemaah diharuskan untuk merapatkan barisan.

"Mencegah kemudaratan lebih penting dari kejar manfaat. Kita serahkan ini ke Allah," tuturnya, dilansir dari CNN Indonesia. "Kita ingin salat Jumat biasa tapi dalam kondisi darurat begini, rasul juga ingatkan kita, jangankan dalam keadaan virus, dalam keadaan banjir juga rasul ingatkan untuk salat di tempat masing-masing."

Namun demikian, bagi siapapun yang pada akhirnya terpaksa tidak melaksanakan salat Jumat seperti biasa, Nasaruddin mengimbau agar ibadahnya diperpanjang. "Laki-laki yang tidak salat Jumat hari ini dianjurkan memperpanjang ibadah, bisa wirid, bisa berdoa kepada Allah," kata Nasaruddin.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait