Disney Alami Rugi Ratusan Miliar Per Hari Akibat Corona
Disney
Film

Disney diperkirakan merugi hingga USD 20 juta sampai USD 30 juta per hari atau setara dengan Rp300 miliar hingga Rp470 miliar semenjak wabah virus corona menyebar ke seluruh penjuru dunia.

WowKeren - Wabah virus corona (COVID-19) yang kini meneror seluruh penjuru dunia rupanya membuat Disney mengalami kerugian besar. Bukan tanpa alasan, pasalnya wabah yang menyebar pertama kali dari Wuhan ini membuat Disney terpaksa menutup wahana bermain terbesar mereka, Disneyland, di sejumlah negara.

Penutupan ini pun berdampak pada neraca pendapatan Disney. Dilansir Variety pada Jumat (20/3), Disney diperkirakan merugi hingga USD 20 juta sampai USD 30 juta per hari atau setara dengan Rp300 miliar sampai Rp470 miliar.


Seperti yang diketahui, pihak pemerintah sejumlah negara telah memperingatkan untuk membatasi pertemuan lebih dari sepuluh orang dan guna meningkatkan kesadaran akan social distancing. Dengan demikian, Disneyland tidak dapat beroperasi pada saat ini.

"Ini adalah situasi di mana perilaku yang baik akan memberikan hasil yang luar biasa," kata Peter Liguori, mantan ketua Fox Entertainment.

Disney sendiri diketahui menutup Disneyland di California, Hong Kong, serta Paris. Sedangkan Disneyland di Shanghai dikabarkan kembali dibuka seiring dengan menurunnya angka pasien positif corona di Tiongkok.

Sedangkan Universal juga baru-baru ini mengikuti jejak Disney, yakni terpaksa menutup taman hiburan Universal Studios Hollywood dan Universal Studios Florida mereka untuk jangka waktu yang tidak terbatas.

Di sisi lain, kerugian Disney tak hanya datang dari penutupan Disneyland saja, melainkan juga tertundanya sejumlah proyek film maupun serial mereka yang siap meluncur pada paruh pertama tahun 2020 ini.

Sejumlah proses produksi serial yang ditayangkan di saluran streaming Disney+ seperti "The Falcon and The Winter Soldier" dan "WandaVision" terpaksa ditunda. Begitu pula dengam beberapa film blockbuster Disney yang gagal tayang akibat pandemi ini.

Sebut saja live-action "Mulan" yang gagal rilis, lalu disusul dengan film Marvel Cinematic Studios "Black Widow", kemudian ada pula "The New Mutants" serta "Antlers". Hingga kini keempat film tersebut masih belum mendapatkan tanggal rilis baru usai diumumkan tunda tayang.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts