Kena Dampak Corona, Acara Tahunan Festival Film Cannes Ikut Ditunda
Film

Acara ini awalnya akan dihelat pada 12 hingga 23 Mei mendatang. Namun pihak penyelenggara memutuskan untuk mengundur jadwal gelaran tersebut seiring dengan membengkaknya angka pasien positif corona di Prancis.

WowKeren - Bukan rahasia lagi kalau wabah COVID-19 alias virus corona yang menyebar dari Wuhan ke seluruh penjuru dunia membuat banyak gelaran internasional ditunda, bahkan batal dihelat. Hal tersebut tentunya dilakukan sebagai langkah antisipasi semakin meluasnya penyebaran corona.

Yang terbaru, acara tahunan Festival Film Cannes 2020 juga batal digelar. Sebenarnya, acara ini awalnya akan dihelat di Prancis pada 12 hingga 23 Mei mendatang. Namun pihak penyelenggara memutuskan untuk mengundur jadwal gelaran tersebut hingga Juni atau Juli 2020 demi antisipasi.

Dilansir NME pada Jumat (20/3), penyelenggara Cannes menyatakan penundaan ini menjadi bentuk dukungan terhadap kebijakan lockdown yang terjadi di banyak negara dan solidaritas dalam menjalani masa-masa sulit di seluruh dunia.

"Sekarang krisis kesehatan global sedang terjadi. Kami memikirkan orang-orang yang mengidap Covid-19. Kami ingin menunjukkan solidaritas kepada mereka yang sedang melawan penyakit itu," kata pihak penyelenggara Cannes Film Festival.


Sebelumnya pada 4 Maret, para petinggi Cannes Film Festival menyatakan acara akan terus berlangsung. Namun akhirnya pihak penyelenggara berubah pikiran usai mereka berkonsultasi dengan pemerintah Prancis. Disebutkan pula bahwa acara tahunan ini akan langsung digelar ketika kondisi Prancis maupun seluruh dunia mulai membaik.

Sebagai informasi tambahan, saat ini Prancis melaporkan kasus positif corona sebanyak 10.995 orang per Jumat (20/3). Dimana 1295 di antaranya telah sembuh dan 372 pasien meninggal.

Di sisi lain, wabah corona sendiri memang memberikan dampak buruk bagi sejumlah sektor industri. Mulai dari industri musik, film, hingga fashion. Sejumlah event-event tahunan pun ramai dibatalkan.

Selain Festival Film Cannes, acara-acara tahunan insan perfilman lainnya seperti CinemaCon, ComicCon, hingga Festival Film Tribeca juga turut diundur. Sejumlah studio film juga beramai-ramai menunda perilisan proyek baru mereka dalam waktu yang belum ditentukan.

Tak hanya itu, gelaran fashion show berbagai rumah mode kenamaan juga batal digelar lantaran makin merebaknya kasus corona di sejumlah negara. Kemudian festival-festival musik seperti Coachella 2020 juga diundur hingga enam bulan untuk menunggu meredanya wabah ini.

(wk/luth)

You can share this post!