Tiongkok Siap Cabut Lockdown Apabila Wuhan Tak Lagi Ada Kasus Baru Corona
Dunia

Pemerintah Tiongkok siap mencabut penutupan wilayah atau lockdown Kota Wuhan, Provinsi Hubei apabila dalam 14 hari ke depan tak ada kasus baru virus corona di daerah tersebut.

WowKeren - Tiongkok melaporkan tak adanya kasus baru virus corona (Covid-19) baru di dalam negeri pada Kamis (19/3). Hal tersebut adalah yang pertama kalinya sejak pandemi tersebut menyebar pada Januari 2020 lalu.

Pemerintah Tiongkok pun akan mencabut penutupan wilayah atau lockdown pada kota Wuhan apabila dalam 14 hari ke depan tak ada kasus baru virus corona. Mereka juga akan memantau perkembangan tersebut secara intensif.

"Jika tidak ada kasus baru virus corona selama 14 hari ke depan di Wuhan dari data terakhir, maka kami meyakini sudah saatnya kebijakan penutupan wilayah dicabut," ujar anggota Akademi Teknik China sekaligus penasihat lembaga kesehatan setempat, Li Lanjuan, seperti dikutip surat kabar China Daily, Kamis (19/3). Perlu diketahui Kota Wuhan di Provinsi Hubei merupakan pusat penyebaran virus corona yang terdeteksi mulai akhir 2019.


Penambahan kasus infeksi virus corona saat ini justru terjadi di luar Tiongkok sedangkan yang terdeteksi di dalam wilayahnya berasal dari para pendatang. Kota Wuhan beberapa hari belakangan hanya terdapat penambahan sedikit kasus corona.

Sebelumnya, sejumlah pemerintah kota di Provinsi Hubei mulai melonggarkan pembatasannya. Seperti Pemerintah Kota Qianjiang yang kotanya masih satu provinsi di Hubei akan mulai menyediakan transportasi khusus untuk membawa para pekerja yang sehat ke tempat kerja mereka, baik di dalam maupun di luar provinsi tersebut.

Lalu Pemerintah Kota Shishou juga mulai mengizinkan para pekerja untuk masuk kantor. Sementara itu, warga yang sehat di area-area berisiko rendah sekarang bisa bepergian di dalam wilayah Provinsi Hubei.

Tak hanya itu, Pemerintah Tiongkok juga mulai memulangkan tim bantuan tenaga medis tahap awal yang dikirim ke Wuhan dan Hubei untuk menghadapi wabah virus corona. Meski begitu, sebagian dari mereka tetap tinggal untuk disiagakan.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru