Isi Gerakan 'Di Rumah Aja' Dengan 8 Kegiatan Produktif Ini, Dijamin Ampuh Usir Kebosanan!
Lifestyle

Berada di rumah seharian saat self isolation tentu bukan hal yang mudah. Namun untuk mengatasi bosan, kalian bisa melakukan berbagai hal produktif loh. Apa saja?

WowKeren - Wabah virus corona (COVID-19) saat ini sudah sampai di Indonesia. Hal ini membuat warga diimbau untuk mengurangi kegiatan di luar rumah demi mengurangi tertular virus.

Beberapa pasien yang dinyatakan positif mengidap COVID-19 saat ini diisolasi di berbagai rumah sakit di Indonesia. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus tersebut.


Tak hanya itu, imbauan untuk isolasi mandiri atau self isolation juga ditegaskan untuk orang yang mengeluh gejala infeksi. Gejala infeksi ini antara lain terasa sakit di saluran pernapasan atau jenis sakit tenggorokan yang tergolong ringan.

Kelompok ini secara sukarela atau rekomendasi petugas kesehatan, untuk melakukan isolasi di rumah. Berada di rumah seharian tentu bukan hal yang mudah. Namun untuk mengatasi bosan, kalian bisa melakukan berbagai hal produktif loh. Apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 8 kegiatannya. Yukd disimak!

(wk/putr)

1. Selain Produktif, Olah Raga Ringan Dalam Ruangan Juga Bisa Bikin Sehat


Selain Produktif, Olah Raga Ringan Dalam Ruangan Juga Bisa Bikin Sehat

Ada banyak sekali fungsi olahraga, mulai dari menyehatkan tubuh, membakar kalori jahat, dan lain sebagainya. Selain itu, olah raga juga bisa membantu kalian makin sehat dengan meningkatkan sistem imun. Salah satu olah raga untuk meningkatkan sistem imun adalah olah raga kalistenik.

Olah raga kalistenik adalah olah yang tak perlu berkontak fisik di ruang publik yang memanfaatkan berat badan kamu sebagai bebannya. Kalian bisa melakukan push up, lunges, squat, crunch, dan lain sebagainya. Jadi kalian masih bisa melakukan pola hidup sehat di rumah dan pastinya gratis dong.

2. Gunakan Waktu Luang Kalian Untuk Membersihkan Rumah


Gunakan Waktu Luang Kalian Untuk Membersihkan Rumah

Hal produktif selanjutnya adalah dengan membersihkan ruangan rumah. Kalian bisa membersihkan ruangan tamu, kamar mandi, maupun ruangan keluarga. Membersihkan rumah juga bisa menjauhkan tubuh kalian dari bakteri-bakteri yang berkeliaran di rumah. Sehingga kalian dan keluarga jadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

Selain itu membersihkan rumah juga dapat mengurangi frustasi. Dengan membuang benda-benda yang sudah tidak bisa digunakan, menyortir dan mengelompokkan benda-benda sesuai dengan kegunaannya, dan merapikan barang-barang serta mengembalikannya pada tempatnya dapat memudahkan kalian mengerjakan pekerjaan rumah dan mengurangi rasa stres.

3. Mengatur Dan Mendekorasi Ulang Kamar Jadi Pilihan Yang Sempurna


Mengatur Dan Mendekorasi Ulang Kamar Jadi Pilihan Yang Sempurna

Hal produktif lain yang bisa kalian lakukan di rumah adalah dengan merapikan kamar tidur. Merapikan juga tidak membutuhkan tenaga ekstra. Cobalah merapikan tempat tidur dengan mengganti sprei, sarung bantal dan juga selimut.

Kemudian kalian juga bisa merapikan lemari baju dan tempat belajar. Supaya kalian bisa merasakan suasana baru dan mengurangi stress yang berlebihan, kalian bisa mendekorasi kamar sesuka hati. Dengan membereskan kamar, kalian membuat otak lebih rileks dan meningkatkan konsentrasi.

4. Saat Santai Cobalah Untuk Membaca Buku Agar Ilmu Makin Bertambah


Saat Santai Cobalah Untuk Membaca Buku Agar Ilmu Makin Bertambah

Gadget telah menggantikan sebagian besar kebiasaan manusia, salah satunya adalah buku. Saat kalian berada di rumah, sebagian besar dari kalian pasti berhadap-hadapan dengan gadget. Oleh karena itu, jika ingin menjaga diri tetap produktif, usahakan agar kalian menghindari gadget.

Salah satu caranya adalah dengan membaca buku. Kalian bisa membaca buku yang anda sukai, mulai dari novel dan buku-buku lain. Nikmatilah waktu-waktu istirahat kalian tersebut dengan kegiatan yang positif.

5. Hasilkan Makanan Enak, Memasak Bisa Saja Jadi Hobi Baru Kalian Saat Di Rumah


Hasilkan Makanan Enak, Memasak Bisa Saja Jadi Hobi Baru Kalian Saat Di Rumah

Hal produktif yang bisa kalian lakukan adalah dengan memasak. Cobalah memasak dengan melihat-lihat resep baru, jika berhasil dan enak, kalian bisa membaginya dengan keluarga saat situasi sudah membaik nanti.

Kegiatan ini juga bisa kalian manfaatkan untuk membuka usaha kuliner juga loh. Siapa tahu hasil masakan kamu enak. Jadi enggak ada salahnya kalau kalian membuka usaha kuliner. Siapa tahu kalian bakal memiliki hobi yang juga menghasilkan uang.

6. Bekebun Bisa Dilakukan Di Halaman Belakang Tanpa Perlu Berinteraksi Dengan Orang Lain


Bekebun Bisa Dilakukan Di Halaman Belakang Tanpa Perlu Berinteraksi Dengan Orang Lain

Berdiam diri di rumah selama berhari-hari memang sangat jenuh, terlebih bagi mereka yang biasanya aktif di luar rumah. Tentu hal ini bisa kalian atasi dengan melakukan beragam hobi, salah satunya berkebun di halaman rumah.

Selain mengurangi jenuh, hal ini akan membuat udara di lingkungan rumahmu menjadi sehat. Meski begitu, kalian harus tetap menjaga kebersihan dan jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun setelah berkebun ya.

7. Gunakan Waktu Luang Kalian Untuk Mengerjakan Tugas Sekolah Atau Kuliah


Gunakan Waktu Luang Kalian Untuk Mengerjakan Tugas Sekolah Atau Kuliah

Ingat, pelajar dan mahasiswa, kalian bukan libur, tetapi kalian tetap sekolah dan kuliah melalui sistem jarak jauh. Oleh karena itu jangan jadikan pembelajaran online untuk malas-malas ya. Justru inilah kesempatan kalian untuk jadi lebih produktif.

Dengan sistem online, biasanya guru maupun dosen akan memberikan tugas-tugas. Jika sudah begitu, kerjakan tugas kalian secara bertahap. Namun jangan terlalu diporsir juga dan tetap jaga kesehatan.

8. Untuk Yang Bekerja, Kalian Bisa Mengerjakan Tugas Kantor Di Rumah


Untuk Yang Bekerja, Kalian Bisa Mengerjakan Tugas Kantor Di Rumah

Hal produktif yang bisa kamu lakukan di rumah adalah dengan melanjutkan pekerjaan. Kalau kalian orang yang pekerja keras, enggak ada salahnya juga sih melanjutkan pekerjaan di rumah. Selain itu, beberapa perusahaan juga telah menetapkan sistem Work From Home.

Bagi mereka selain ASN, seperti pengusaha atau pedagang, kalian bisa melakukan pekerjaanmu dengan manfaatkan sistem online. Lalu buat kalian yang bekerja sebagai freelance writer, enggak ada alasan untuk malas-malasan ya.

Intip juga yuk bagaimana caranya mensterilkan ponsel kalian dari kuman dan virus di artikel berikut. Intip juga beberapa rekomendasi tontonan menarik selama self isolation di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru