Bukan Hanya Corona, Penyebab Asli 2 WNA di Bali Meninggal Terungkap
Nasional

Satgas Penanggulangan COVID-19 di Bali mengonfirmasi 2 WNA meninggal di daerahnya. Namun ternyata bukan hanya COVID-19 faktor yang menyebabkan mereka meninggal dunia.

WowKeren - Wabah virus Corona masih menjadi bahasan panas di Indonesia. Tak hanya WNI, penyakit ini dilaporkan juga menginfeksi banyak WNA, termasuk di Bali.

Kekinian, sebanyak 2 WNA yang berada di Bali dilaporkan meninggal dunia. Informasi tersebut disampaikan oleh Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali belum lama ini.

Mirisnya, kedua WNA asal Prancis dan Inggris itu baru diketahui positif terjangkit COVID-19 setelah meninggal dunia. WNA asal Inggris berusia 53 tahun dilaporkan meninggal dunia pada 11 Maret 2020 lalu, sedangkan satu lagi asal Prancis berusia 72 tahun dilaporkan meninggal dunia pada 15 Maret 2020.

"WNA pertama yang meninggal, dikremasi di sini," ujar Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Bali, Dewa Made Indra, dikutip dari Antara pada Jumat (20/3). "Yang kedua kemarin sudah dilakukan komunikasi dengan pihak Konsulat Jenderal dan sudah komunikasi dengan pihak rumah sakit."


Namun ternyata kedua WNA ini diketahui tidak meninggal murni akibat infeksi virus Corona. Dilansir dari CNN Indonesia, WNA Inggris yang meninggal pada 11 Maret 2020 lalu memiliki sejumlah riwayat penyakit serius. Diantaranya adalah diabetes, hipertensi, hipertiroid, dan paru-paru.

Hal serupa juga ditemui di kasus WNA Prancis. Menurut keterangan Rumah Sakit Sanglah yang merawat sang pasien, WNA tersebut memiliki riwayat penyakit jantung. "Berarti ada penyakit lain yang berkontribusi menyebabkan kematiannya," jelas Dewa.

Sebelumnya Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto juga sempat menyampaikan hal serupa. Yuri menegaskan bahwa para pasien meninggal ini kebanyakan turut disertai faktor lain seperti penyakit pendahulu.

"Kalau kemudian kita perhatikan faktor yang lain, maka hampir seluruhnya memiliki penyakit pendahulu," jelas Yuri. "Yang sebagian besar adalah diabetes, hipertensi dan penyakit jantung kronis."

Mereka yang meninggal pun biasanya berada dalam rentang usia 45 sampai 65 tahun. Sedangkan untuk presentase kematian akibat Corona di Indonesia masih tinggi, yakni lebih dari 8 persen.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait