Kaum Muda Disebut Bisa Kena Corona Tanpa Gejala, Rawan Tularkan ke Orang Tua
Nasional

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, kelompok usia muda lebih tahan terhadap virus corona (Covid-19) dibanding kelompok usia tua.

WowKeren - Pandemi virus corona (Covid-19) telah meluas di Indonesia. Pemerintah Indonesia sendiri terus mengimbau masyarakat untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah demi menekan penyebaran virus.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, kelompok usia muda lebih tahan terhadap Covid-19 dibanding kelompok usia tua. Meski demikian, Yuri menegaskan bahwa kaum muda juga bisa terjangkit virus corona, bahkan tanpa gejala.

"Data yang kita miliki dan data yang dimiliki secara global memang pada kelompok usia muda lebih memiliki daya tahan yang lebih baik dari yang usia lanjut," ungkap Yuri dalam konferensi pers pada Sabtu (21/3) hari ini. "Namun harus dipastikan bahwa bukan berarti yang kelompok muda ini tidak bisa terkena. Bisa kena dan tanpa gejala."


Karena seseorang dapat terjangkit corona tanpa gejala ini lah, maka masyarakat diminta untuk mengisolasi diri. Pasalnya, kaum muda yang terjangkit corona tanpa gejala rawan menularkan virus ke orang-orang tua.

"Inilah yang kemudian menjadi salah satu faktor cepatnya penyebaran. Karena kita terkena dan tanpa gejala dan kemudian tidak melakukan isolasi diri," jelas Yuri. "Problem inilah yang kemudian menjadi hal mendasar dan pesebarannya jadi cepat. Apabila ini menyebar ke saudara-saudara kita yang usianya lebih tua dan rawan, maka ini akan menjadi permasalahan yang serius untuk keluarga kita."

Oleh sebab itu, Yuri meminta agar kaum muda menaati imbauan pemerintah dengan menerapkan social distancing. Hal ini merupakan upaya penting dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.

"Karena itu, meskipun masih merasa muda, masih merasa kuat, kita masih bisa jadi sumber penyebaran bagi keluarga kita. Oleh karena itu, patuhi benar imbauan pemerintah untuk lebih banyak di rumah," pungkas Yuri. "Patuhi betul untuk semaksimal mungkin tidak keluar rumah. Ini yang jadi penting dalam kaitannya dengan pencegahan."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru