Viral Putin Lepas Singa Demi 'Caplok' Warga Yang Kelayaran Saat Corona, Warganet RI Beri Pujian
Dunia
Pandemi Virus Corona

Media sosial digegerkan dengan berita Presiden Rusia Vladimir Putin melepas singa peliharannya demi menakut-nakuti warga yang masih nekat kelayaran di tengah wabah corona. Benarkah?

WowKeren - Wabah virus corona (covid-19) saat ini dilaporkan menewaskan lebih dari 13.000 orang per Minggu (22/3). Virus yang pertama kali muncul di pasar ikan dan hewan Wuhan, Tiongkok ini seolah tidak dapat dihentikan lantaran terus menyebar ke berbagai negara di belahan dunia lainnya. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan wabah virus corona sebagai pandemi.

Kini, media sosial dihebohkan dengan munculnya berita Presiden Rusia Vladimir Putin yang melepaskan singa peliharannya ke ruang publik. Menurut kabar yang beredar, Putin disebutkan mengeluarkan singanya demi menakut-nakuti warganya yang masih nekat terus berkeliaran di luar saat ada wabah virus corona.


Berita tersebut saat ini menjadi trending topic di Twitter dan dibicarakan lebih dari 113 ribu kali hingga berita ini dibuat. Dalam foto yang beredar, terlihat bagaimana seekor singa tengah berkeliaran di jalanan Rusia.

Dalam caption foto tersebut, tertulis jika Putin telah melepaskan 800 singa dan macan ke seluruh wilayah Rusia. "Vladmir Putin has dropped 800 Lions and Tigers across the country to push people to stay at home (Vladimir Putin telah melepaskan 800 singa dan harimau di seluruh negeri untuk mendorong orang agar tetap di rumah," tulis caption foto tersebut seperti yang beredar di Twitter, Minggu (22/3).

Viral Putin Lepas Singa

Twitter

Foto tersebut menjadi kehebohan oleh masyarakat Indonesia. Dilansir Detik, rupanya gambar tersebut sempat diunggah pada 14 April 2016 silam di situs gambar seperti imgur.com. Padahal, wabah virus corona baru muncul pada Desember 2019.

Namun, pencarian telah dilakukan melalui kolom Google dengan memakai kata kunci 'lion' dan 'Jorissen ST'. Jorissen ST sendiri merupakan nama jalan yang tampak sekilas di dalam foto tersebut.

Terungkap jika foto tersebut pernah diberitakan oleh situs media Daily Mail pada 2016 silam. Foto tersebut diunggah dengan judul berita yang bernama "Paws at the traffic lights! Giant male lion is seen prowling around the streets of South Africa's biggest city (but it's not as dangerous as you'd think)".

Meski telah dipastikan sebagai berita bohong (hoaks), namun foto tersebut tetap menjadi buah bibir dari warganet. Bahkan, tak sedikit warganet yang meminta agar Pemerintah Indonesia dapat meniru tindakan ekstrim Putin tersebut meskipun dipastikan tidak benar.

"Ole uga nih idenya Putin #StayAtHome," komen @@Rev*****vredo. "All hail lord putin, bisa dong magang jadi menkes atau presiden indonesia," cuit @Riv****hh. "Ide bagus nih si putin, kudu diterapin di jakarta sekalian singa yang di ragunan di lepas. Hahaha," komen @q***nq.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts