Kata Dokter Penanganan Pasien Corona: Kami Tak Butuh Uang Tapi APD
Nasional

Erlina Burhan,dokter ahli paru-paru sekaligus Tim Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Persahabatan, Jakarta Timur, mengeluhkan jika para dokter saat ini tengah kekurangan APD.

WowKeren - Dokter menjadi garda terdepan dalam memerangi pandemi corona yang kian mewabah di Indonesia. Namun sayangnya, sebagai garda terdepan perang, mereka justru kekurangan alat-alat yang diperlukan.

Erlina Burhan,dokter ahli paru-paru sekaligus Tim Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Persahabatan, Jakarta Timur, mengeluhkan jika para dokter saat ini tengah mengalami masalah kekurangan alat pelindung diri (APD).

Adapun APD yang dimaksud yakni masker, pelindung mata, sarung tangan, dan lain sebagainya. Padahal, setiap hari mereka harus menangani pasien yang terpapar corona.

"Setiap hari kami menerima dan menangani pasien positif Covid-19 tapi kami tidak memiliki APD yang lengkap untuk perlindungan diri kami," kata Erlina dalam video conference, Minggu (22/3). "Bahkan, persediaan masker N95 menipis dan perlengkapan lainnya. Kami mau memakai apa?"


Untuk itu, ia berharap agar pemerintah mau memperhatikan keselamatan para tenaga medis dengan memberikan APD sesuai yang diperlukan. Erlina menegaskan bahwa yang dibutuhkan oleh tim medis bukan uang namun APD.

"Tolong pemerintah segera memberikan APD kami," tegas Erlina. "Kami tidak butuh uang, tapi kami butuh barang yaitu perlengkapan APD."

Lebih jauh, Erlina mengingatkan pemerintah agar senantiasa mengontrol masyarakat. Pasalnya, tak sedikit dari masyarakat yang masih menganggap remeh wabah ini. Ketidakpedulian masyarakat membuat penyebaran wabah ini bukannya menurun tapi justru kian meluas.

Alhasil, kondisi ini berbuntut pada dokter yang semakin kelelahan karena jumlah pasien kian bertambah. Jumlah pasien yang terus meningkat tidak diimbangi dengan jumlah dokter ditambah lagi dengan APD yang kurang memadai. Oleh sebab itu, ia memohon agar masyarakat ikut berpartisipasi menekan penyebaran virus ini demi keselamatan semau pihak.

“Semua dokter saat ini sedang berjuang untuk menangani pasien Covid-19. Mereka tidak pulang karena takut menularkan ke anggota keluarganya," terang Erlina. "Tolong kami memiliki imunitas yang berbeda ditambah lagi tidak memakai APD. Kami bisa tumbang."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru