PBB Soal Corona: Kita Menghadapi Krisis Kesehatan Global Terburuk Sejak Berdiri
Dunia

Virus corona semakin meningkatkan potensi akan terjadinya resesi global pada sejumlah negara di dunia. Untuk itu PBB meminta kerja sama seluruh pemimpin dunia untuk melawan virus ini.

WowKeren - Wabah corona telah menjadi ancaman serius bagi dunia. Virus yang pertama kali merebak di Wuhan telah menyebar di lebih dari 100 negara di dunia.

Hingga kini, virus COVID-19 telah menginfeksi lebih dari 330 ribu orang di dunia dan membunuh 11 ribu jiwa. Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan jika corona membuat dunia mengalami krisis kesehatan global terburuk sejak pertama kali PBB berdiri pada 1945 lalu.

Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Sekjen PBB Antonio Guterres. Corona yang telah berkembang menjadi pandemi telah membuat ekonomi global terpuruk.

"Kita menghadapi krisis kesehatan global yang belum pernah terjadi dalam sejarah 75 tahun PBB," kata Guterres dalam keterangan video yang dikutip dari Instagram PBB @Unitednations, Senin (23/3). "(Pandemi) yang menyebabkan penderitaan kemanusiaan, menginfeksi ekonomi global, dan mengakhiri kehidupan manusia."


Virus corona semakin meningkatkan potensi akan terjadinya resesi global pada sejumlah negara di dunia. Sementara itu, akan sulit bagi setiap negara untuk mengatasi pandemi virus corona guna meredam kompleksitas krisis seperti sekarang ini. Menurutnya, penanganan virus corona harus dilakukan dengan koordinasi berbagai pihak.

"Ini adalah momen yang menuntut tindakan dan kebijakan yang terkoordinasi, tegas, dan inovatif. Kita berada dalam situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan aturan normal tidak lagi berlaku," tutur Guterres. "Resesi global, hampir pasti (terjadi)."

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh pemimpin dunia untuk bersatu padu melawan wabah ini. "Saya menyerukan para pemimpin dunia untuk datang bersama dan menawarkan tindakan dan respons yang terkoordinasi terhadap krisis global ini," sambung Guterres.

Sebelumnya, WHO juga sempat mengingatkan para pemuda dunia agar berhati-hati. Sebab meskipun mereka cenderung memiliki daya tahan tubuh yang kuat dibanding lansia namun bukan berarti mereka kebal terhadap ancaman corona.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait