Selalu Jaga Kesehatan, Inilah 8 Penyakit Autoimun Yang Sering Diderita Masyarakat!
Health

Penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuh sendiri. Hal ini membuat sistem kekebalan tubuh akan melepaskan protein yang disebut autoantibodi untuk menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

WowKeren - Banyak orang yang sudah sering mendengar soal penyakit autoimun, namun hanya sedikit yang memahami maksudnya. Penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuh sendiri.

Normalnya, sistem kekebalan tubuh menjaga tubuh dari serangan organisme asing, seperti bakteri atau virus. Namun, pada seseorang yang menderita penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuhnya melihat sel tubuh yang sehat sebagai organisme asing.


Hal ini membuat sistem kekebalan tubuh akan melepaskan protein yang disebut autoantibodi untuk menyerang sel-sel tubuh yang sehat. Penyakit ini bukan penyakit menular dan disebabkan oleh banyak hal seperti faktor genetik.

Penyakit ini sendiri sudah banyak menyerang warga indonesia. Berikut tim WowKeren rangkum 7 jenis penyakit autoimun yang umum diderita oleh masyarakat Indonesia. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Lupus Adalah Penyakit Autoimun Yang Sering Ditemui Di Indonesia


Lupus Adalah Penyakit Autoimun Yang Sering Ditemui Di Indonesia

Lupus adalah penyakit peradangan (inflamasi) kronis yang disebabkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh sendiri. Lupus dapat menyerang berbagai bagian dan organ tubuh seperti kulit, sendi, sel darah, ginjal, paru-paru, jantung, otak, dan sumsum tulang belakang.

Penyebab terjadinya lupus pada seseorang hingga saat ini belum diketahui. Sejauh ini, diduga penyakit yang lebih menyerang wanita dibandingkan dengan laki-laki ini dipengaruhi oleh beberapa faktor genetik dan lingkungan.

2. Penyakit Autoimun Juga Menyebabkan Diabetes Melitus Tipe 1


Penyakit Autoimun Juga Menyebabkan Diabetes Melitus Tipe 1

Penyebab diabetes tipe 1 adalah ketidakmampuan pankreas untuk memproduksi cukup insulin, sehingga glukosa di dalam darah tidak dapat masuk ke dalam sel. Gangguan pada pankreas ini diduga karena proses autoimun, yaitu ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

Pada diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh tersebut menyerang dan merusak sel beta pada pankreas, sehingga tidak dapat memproduksi cukup insulin. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kerusakan sel beta pankreas, antara lain infeksi virus, konsumsi obat-obatan tertentu (pyrinuron dan strepzotocin), serta pengaruh gluten.

3. Rheumatoid Arthritis Atau Yang Sering Disebut Rematik Juga Salah Satu Penyakit Autoimun


Rheumatoid Arthritis Atau Yang Sering Disebut Rematik Juga Salah Satu Penyakit Autoimun

Rematik atau yang dalam bahasa medis disebut dengan rheumatoid arthritis adalah penyakit yang menyebabkan radang, dan kemudian mengakibatkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan autoimun.

Tidak seperti osteoarthritis, rheumatoid arthritis adalah kondisi yang memengaruhi lapisan sendi sehingga menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan. Kondisi ini dapat menyebabkan erosi tulang dan deformitas sendi. Bagian tubuh yang paling sering terkena yaitu tangan, pergelangan tangan, kaki dan lutut.

4. Psoriasis, Penyakit Autoimun Yang Menyerang Kulit Kalian


Psoriasis, Penyakit Autoimun Yang Menyerang Kulit Kalian

Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas. Terkadang, psoriasis juga disertai dengan gatal dan nyeri. Psoriasis lebih sering muncul di daerah lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala.

Penyakit ini tidak menular, sehingga kontak langsung dengan ruam di kulit penderita tidak akan menyebabkan seseorang terkena penyakit ini. Penyebab psoriasis belum diketahui secara pasti, tetapi diduga terkait dengan gangguan sistem kekebalan tubuh dan faktor keturunan.

5. Inflammatory Bowel Disease (IBD) Atau Radang Usus Juga Bisa Disebabkan Autoimun


Inflammatory Bowel Disease (IBD) Atau Radang Usus Juga Bisa Disebabkan Autoimun

Inflammatory bowel disease (IBD) atau yang juga dikenal dengan nama penyakit radang usus (kolitis) adalah kondisi gangguan yang menyebabkan sistem pencernaan jadi meradang. Sistem pencernaan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil, dan usus besar.

Kondisi ini terjadi karena antibodi menyerang dinding usus. Gejalanya meliputi diare yang tak kunjung berhenti, pendarahan, sakit perut, demam, hingga penurunan berat badan. Pada dasarnya, terdapat dua macam radang usus, yaitu ulcerative colitis dan crohn’s disease. Ulcerative colitis menyerang dinding usus besar dan rektum. Sedangkan crohn’s disease adalah peradangan pada sistem pencernaan dari mulut hingga anus.

6. Multiple Sclerosis Penyakit Autoimun Yang Serang Sel Saraf Pusat


Multiple Sclerosis Penyakit Autoimun Yang Serang Sel Saraf Pusat

Multiple sclerosis adalah penyakit di mana sistem imun tubuh menyerang sel saraf pusat. Ketika hal ini terjadi, penyaluran informasi antara otak dan tulang belakang pun semakin lambat.

Multiple sclerosis akan mengakibatkan berbagai gejala. Di antaranya gangguan penglihatan, sakit di berbagai bagian tubuh, kejang otot, kemampuan koordinasi yang buruk, serta sulit berjalan. Pada umumnya, penyakit ini lebih rentan terjadi pada orang lanjut usia.

7. Hemolytic Anemia Salah Satu Penyakit Autoimun Yang Menyerang Darah


Hemolytic Anemia Salah Satu Penyakit Autoimun Yang Menyerang Darah

Hemolytic anemia atau anemia hemolitik adalah penyakit kurang darah akibat penghancuran sel darah merah lebih cepat dibandingkan pembentukannya. Penyakit ini perlu ditangani agar tidak terjadi komplikasi pada jantung, seperti gangguan irama jantung atau gagal jantung.

Anemia hemolitik dapat dialami sejak lahir karena diturunkan dari orang tua atau berkembang setelah lahir. Anemia hemolitik yang tidak diturunkan dapat dipicu oleh penyakit, paparan zat kimia, atau efek samping obat-obatan.

Intip juga yuk beberapa makanan yang bisa bantu kalian tingkatkan daya tahan tubuh di sini. Simak juga beberapa kegiatan yang bisa tingkatkan sistem imun kalian di sini.

You can share this post!

Related Posts