Lantas, Bagaimana Proses Penularan Virus Corona Melalui   Mata?
Health

Seorang pakar kesehatan Tiongkok menyatakan bahwa virus Corona dapat menular lewat mata. Berbagai informasi simpang siur yang berkaitan dengan hal ini pun mulai beredar setelahnya. Lantas, apa sih kaitan antara gejala mata merah muda dengan Corona?

WowKeren - Meskipun tidak banyak pasien COVID-19 yang mengalami gejala konjungtivitas, penularan Corona lewat mata juga patut diwaspadai. Dr Setiyo Budi Riyanto SpM(K) selaku Direktur Utama JEC Eye Hospital Clinics menjelaskan bahwa memang secara teori virus Corona dapat menular lewat mata.

"Sebenarnya patogenesis terjadi penularan melalui mukosa di mata ini tidak banyak detail laporannya. Mukosa ini adalah cairan yg basah, nah ini dikhawatirkan bisa menular lewat itu," ujar Budi pada Sabtu (14/3) lalu.

Hal ini bisa terjadi ketika seseorang tanpa sengaja memegang benda atau bersalaman dengan pasien positif COVID-19 dan tidak langsung mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Penularan dapat terjadi ketika ia menyentuh mata dalam keadaan tangan yang masih kotor. Dengan begitu, virus Corona masuk ke dalam tubuh seseorang.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait