Corona Belum Usai, Kini Hantavirus Ikut 'Hantui' Tiongkok Sampai Jadi Trending
Dunia
Pandemi Virus Corona

Dunia dibuat geger dengan wabah virus Corona yang bermula dari Tiongkok. Belum usai wabah itu berkembang, kini Tiongkok ikut dibuat heboh dengan adanya kasus positif infeksi Hantavirus.

WowKeren - Wabah virus Corona masih menjadi bahasan panas di berbagai penjuru dunia. Bagaimana tidak? Sampai Selasa (24/3) malam ini setidaknya hampir 400 ribu orang terinfeksi virus yang menginfeksi saluran pernapasan bawah tersebut.

Diketahui wabah COVID-19 ini bermula dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Sempat mengalami perkembangan wabah yang tak terkendali, kini situasi di Wuhan sudah mulai terkontrol, bahkan status lockdown di sana bakal diturunkan dalam waktu dekat.


Namun sampai sekarang pemerintah Tiongkok secara garis besar masih berjibaku dengan wabah tersebut. Mirisnya, belum usai wabah itu "menyerang", kini Tiongkok ikut dihantui dengan wabah hanta virus.

Hal ini seperti diungkap oleh media Global Times lewat akun Twitter-nya. Global Times menyebut seorang pekerja asal Provinsi Yunnan ditemukan meninggal dunia dalam perjalanannya sewaktu kembali ke Provinsi Shandong, Senin (23/3) waktu setempat.

Jenazah pekerja itu pun langsung diperiksa oleh petugas medis setempat. Namun bukannya menemukan virus SARS-CoV-2 di tubuh sang pekerja, seperti yang diduga sebelumnya, nyatanya justru virus Hanta-lah yang berada di dalam tubuh jenazah tersebut.

"Dia dinyatakan positif terinfeksi #hantavirus," ungkap Global Times, Selasa (24/3). "32 orang lainnya di dalam bus ikut diperiksa."

Kejadian ini pun sontak menjadi huru-hara tersendiri di media sosial. Di Twitter misalnya, tagar #hantavirus menjadi Trending Topic Indonesia urutan kedua.

Corona Belum Usai, Hanta Virus Ikut \'Hantui\' Tiongkok Sampai Jadi Trending-1

Twitter

Namun demikian, sejumlah warganet menegaskan bahwa virus Hanta bukanlah barang baru di dunia medis. Seperti salah satu warganet dengan akun @frogdae menyatakan bahwa virus Hanta sudah lama eksis.

Namun, beruntungnya, penularan virus ini tak seganas virus Corona. Sebab alih-alih dari manusia ke manusia seperti virus Corona, virus Hanta bertransmisi dari hewan pengerat yang terinfeksi.

Corona Belum Usai, Hanta Virus Ikut \'Hantui\' Tiongkok Sampai Jadi Trending-2

Twitter

"Untuk orang ketahui: hantavirus bukanlah virus baru. Dia sudah eksis sejak lama dan tidak bisa ditransmisikan dari orang ke orang," cuit @frogdae. "Virus itu hanya bisa ditularkan bila seseorang menghirup patogen di urin atau kotoran hewan pengerat yang terinfeksi."

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts