Tak Asal Dibuang, Begini Cara Kelola Limbah Masker Untuk Hindari Penularan Virus Corona
Nasional

Limbah masker yang telah digunakan sebaiknya tidak asal dibuang begitu saja. Ada baiknya masker-masker bekas tersebut diolah terlebih dahulu sebelum dibuang untuk mencegah penyebaran virus terutama Covid-19.

WowKeren - Penggunaan masker menjadi hal yang wajib ditengah mewabahnya virus corona, terutama bagi para petugas medis yang bertugas untuk merawat para pasien. Namun, tahukah bahwa masker yang telah digunakan bisa menjadi media penularan virus dan agen penyebab penyakit.

Meski begitu ada yang berbeda antara penggunaan masker di lingkungan masyarakat dan masker untuk petugas medis. Pasalnya, masker yang digunakan masyarakat tak termasuk dalam limbah medis seperti di Fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes).


Limbah masker yang seperti itu lantas masuk ke dalam kategori limbah domestik, sehingga perlakuan pengelolaannya sama dengan pengelolaan limbah domestik sesuai UndangĀ­ Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Adapun beberapa tahapan dan cara untuk mengelola masker bekas pakai agar tak menjadi media penularan virus menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) adalah sebagai berikut:

  1. Mengumpulkan masker bekas pakai agar tak ada oknum-oknum nakal yang memanfaatkannya untuk didaur ulang dan dijual kembali di pasar.
  2. Lakukan desinfeksi dengan cara rendam masker yang telah digunakan pada larutan disinfektan/ klorin/pemutih.
  3. Ubah bentuk masker atau rusak talinya dan robek bagian tengahnya. Hal ini dilakukan demi mencegah masker tersebut digunakan ulang oleh para oknum-oknum nakal.
  4. Buanglah ke tempat sampah domestik.
  5. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir usai membuang sampah masker bekas pakai tersebut. Apabila tidak ada sarana cuci tangan, dapat menggunkan hand sanitizer.

Dengan mengikuti tahapan-tahapan tersebut potensi risiko penularan akibat penyalahgunaan penggunaan masker dapat dihindari. Selain itu, kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah memakai masker juga bisa meminimalisir potensi penularan virus.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait