India Lockdown 21 Hari Imbas Corona, Seperlima Penduduk Dunia Bakal 'Dikurung'
Dunia

Perdana Menteri India Narendra Modi memberikan instruksi lockdown selama 21 hari. Lockdown itu akan menjadi lockdown terbesar mengingat populasi negara tersebut menempati porsi seperlima penduduk dunia.

WowKeren - Pemerintah India melakukan gerak cepat alias gercep guna menekan laju penyebaran virus corona. Hal itu terlihat dari kebijakan lockdown yang diberlakukan mulai Selasa (24/3) tengah malam hingga 21 hari ke depan.

Lockdown ini akan menjadi lockdown terbesar pertama di dunia. Perdana Menteri India Narendra Modi dalam pidatonya di televisi Selasa malam, mengingatkan warganya jika pergi keluar rumah sama saja dengan mengundang virus corona ke dalam rumah mereka.

Menurutnya, pemerintah harus mengambil langkah serius untuk menekan penyebaran virus tersebut. Sebab, ia tak ingin jika kegagalan menangani corona selama 21 hari justru akan memberikan dampak yang lebih besar selama 21 tahun ke depan.


"Untuk menyelamatkan India dan setiap orang India, akan ada larangan total untuk keluar dari rumah Anda," kata Modi dilansir CNBC, Rabu (25/3).

Dengan adanya, lockdown, itu artinya seperlima penduduk dunia akan "dikurung" untuk jangka waktu tertentu. Pejabat Kesehatan India menyatakan jika sudah ada 469 kasus corona aktif yang sedang ada di negara tersebut, dengan 10 jumlah kematian.

Sementara itu selama beberapa hari terakhir, India telah memperluas imbauan kepada warganya agar tetap berada di rumah menyusul wabah ini. Pemerintah juga telah menutup penerbangan baik internasional maupun domestik serta menangguhkan operasional kereta api.

Meski demikian, khusus untuk toko yang menjual bahan makanan serta apotek tetap diperbolehkan untuk beroperasi. Untuk lockdown yang dimulai pada Selasa malam ini, Modi tidak memberikan keterangan lebih lanjut terkait penyediaan layanan di negeri itu. Namun yang jelas, ia mengatakan jika pemerintah telah mengambil semua opsi untuk memastikan pasokan barang penting.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru