Corona di Jakarta Capai Angka 424, Pemprov DKI Ungkap Skenario Bila Terjadi Kelonjakan Kasus
Nasional

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengaku telah menyiapkan skenario bila terjadi lonjakan pasien positif terinfeksi virus corona bahkan jika hingga mencapai 8.000 kasus. Hingga Selasa (24/3), DKI tercatat ada 424 kasus positif corona.

WowKeren - Jumlah penderita virus corona di Indonesia kian hari kian bertambah. Hingga Selasa (24/3), tercatat ada 107 kasus baru yang dikonfirmasi, sehingga total ada 686 pasien positif COVID-19.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengungkap bahwa pihaknya telah menyiapkan skenario bila terjadi lonjakan pasien positif terinfeksi virus corona bahkan jika hingga mencapai 8.000 kasus.

"DKI Jakarta sudah menyiapkan skenario untuk menangani ketika kasusnya berjumlah 500, 1.000, bahkan sampai dengan 8.000 orang terkonfirmasi positif (corona)," ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, di Balai Kota, Jakarta, Selasa (24/3).

Apabila hal tersebut terjadi maka pasien akan dibagi dalam 3 kelompok. Kelompok 1 adalah orang dengan gejala parah/kritis yang jumlahnya diperkirakan 8 persen dari jumlah keseluruhan pasien.


Lalu ada kelompok 2 yang terdiri dari pasien dengan gejala berat yang diperkirakan mencapai 12 persen. Kelompok 3 adalah pasien dengan gejala ringan, diperkirakan 80 persen.

Kelompok satu dan dua nantinya akan mendapat perawatan intensif di rumah sakit dengan fasilitas kesehatan yang lengkap. "Dengan skenario itu, maka yang membutuhkan perawatan intensif adalah 20 persen (kelompok 1 dan 2) pertama," terang Widyastuti.

"Yang 20 persen pertama akan membutuhkan fasilitas kesehatan lengkap (ventilator, bantuan oksigen, peralatan medis yang intensif) ini levelnya ICU dan IGD untuk 20 persen pasien yang masuk," lanjutnya.

Sedangkan untuk kelompok 3 bisa dirawat dengan fasilitas kesehatan yang minim. "Yang 80 persen gejalanya ringan sehingga bisa menggunakan fasilitas yang relatif minim termasuk ke Wisma Atlet atau RS lain," ungkapnya.

Sementara itu, dilansir dari situs resmi pemerintah, covid19.go.id, sebanyak 424 diantaranya berada di DKI Jakarta, dengan jumlah pasien sembuh sebanyak 23 orang dan meninggal sebanyak 31 orang.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru