Tekan Penyebaran Corona, Pemerintah Siapkan 3 Skenario Ini untuk Mudik Lebaran
Nasional
Mudik di Tengah Corona

Pemerintah berencana memberikan 3 skenario untuk mudik Lebaran 2020 demi mencegah penyebaran virus corona.Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi.

WowKeren - Pemerintah tengah menggodok berbagai opsi kebijakan agar masyarakat tidak melakukan mudik Lebaran 2020. Hal ini dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona.

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi menegaskan bahwa menjaga keselamatan masyarakat merupakan prioritas. "Atas berbagai pertimbangan ini, kami melihat opsi kebijakan pelarangan mudik," ujarnya, Rabu (25/3).


Lebih lanjut, ia mengatakan akan ada tiga skenario yang tengah dibahas oleh sejumlah kementerian terkait. Yang pertama adalah bussines as usual, artinya mudik Lebaran seperti dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Kedua, meniadakan mudik gratis oleh perusahaan. Ketiga, skenario pelarangan mudik. "Ketiga skenario itu akan segera dilaporkan kepada presiden," kata Jodi.

Sementara itu, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah meniadakan mudik gratis pada tahun 2020 ini. Penyebab peniadaan mudik gratis ini tak lain dan tak bukan adalah pandemi virus corona (Covid-19) yang kini telah meluas di Indonesia.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyebut bahwa mudik gratis dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga dibatalkan tahun ini. "Mudik gratis semuanya, dari Kementerian, BUMN maupun swasta kita batalkan semua," tutur Budi dilansir detikcom pada Senin (23/3) hari ini. "Karena kondisi darurat corona sampai dengan bulan Mei."

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts