Tetap Sehat Meski Enggak Ke Mana-mana, 8 Jenis Olahraga Sederhana Ini Bisa Dilakukan Di Rumah!
Health
COVID-19 di Indonesia

Banyak yang menghabiskan waktu dengan berdiam di rumah, atau dikenal dengan istilah karantina mandiri. Namun meski tak boleh meninggalkan rumah, bukan berarti kalian meninggalkan pola hidup sehat dan olahraga.

WowKeren - Wabah virus corona atau COVID-19 kini makin meluas dan meresahkan masyarakat. Di Indonesia sendiri, per hari ini, Kamis (26/3) jumlah pasien positifnya sudah mencapai hampir 800 orang. Tentu saja hal ini berdampak pada kegiatan sehari-hari masyarakat.

Beberapa masyarakat wilayah di Indonesia sudah diimbau untuk tetap berada di rumah untuk menghindari penyebaran virus yang meluas. Tak hanya itu, sekolah dan kantor juga telah diliburkan serta murid dan karyawan melakukan kegiatannya di rumah.


Banyak yang menghabiskan waktu dengan berdiam di rumah, atau dikenal dengan istilah karantina mandiri. Namun meski tak boleh meninggalkan rumah, bukan berarti kalian meninggalkan pola hidup sehat dan olahraga.

Meski terbatas, namun ternyata banyak sekali olahraga yang dapat kalian lakukan di dalam rumah dan tak mengganggu orang sekitar. Mau tahu apa saja? berikut tim WowKeren rangkum 8 jenis olahraganya. Dijamin kalian bakal tetap sehat meski harus berada di rumah seharian. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Push Up Dan Sit Up Adalah Olahraga Yang Simpel Namun Bermanfaat


Push Up Dan Sit Up Adalah Olahraga Yang Simpel Namun Bermanfaat

Push up dan sit up adalah olahraga ringan yang paling mudah dilakukan orang ketika berada di rumah. Olahraga yang satu ini memang sangat banyak manfaatnya untuk tubuh seseorang. Push up dapat memperkuat otot lengan sedangkan sit up baik untuk melatih dan membentuk perut.

Push up dan sit up ini bisa kalian lakukan sendirian atau bisa juga dengan dua orang. Ajaklah anggota keluarga lainnya untuk melakukan olahraga push up dan sit up ini selama masa karantina mandiri di rumah secara bergantian. Kegiatan olahraga satu ini juga bisa dilakukan sembari mengawasi anak bermain atau menonton TV.

2. Senam Aerobik Atau Zumba Di Rumah Bisa Menjadi Pilihan Kalian


Senam Aerobik Atau Zumba Di Rumah Bisa Menjadi Pilihan Kalian

Senam aerobik atau zumba saat ini menjadi pilihan olahraga di rumah yang juga populer. Aerobik atau zumba bisa dilakukan di rumah dengan cukup mendengarkan alunan musik atau menonton video melalui gadget yang tersedia di rumah kalian. Kalian dan keluarga bisa mengikuti gerakan-gerakan dari aerobik atau zumba dari video tersebut.

Olahraga ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Melakukan aerobik atau zumba selama 30 menit dalam sehari sudah cukup untuk membakar lemak harian. Kalian juga bisa melakukannya di pagi hari atau sore hari, sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, agar lebih seru, kalian bisa mengajak anggota keluarga lainnya di rumah untuk zumba bersama.

3. Tenangkan Pikiran Yang Suntuk Dengan Yoga Di Rumah


Tenangkan Pikiran Yang Suntuk Dengan Yoga Di Rumah

Olahraga yang satu ini mungkin menjadi pilihan favorit bagi kalian yang ingin berolahraga selama masa karantina mandiri di rumah. Melakukan yoga di rumah selama masa karantina mandiri dapat membuat pikiran lebih tenang dalam menghadapi ancaman penyakit yang ada di luar rumah.

Selain itu, yoga juga dapat membuat tubuh terasa lebih rileks dan sehat saat suntuk dengan kegiatan di rumah. Namun, untuk menghindari risiko cedera karena tidak ada pelatih yang mengawasi, lakukan gerakan yoga yang sederhana saja. Cukup lakukan beberapa gerakan yoga simpel yang sudah dipelajari sendiri.

4. Selain Menyenangkan, Lompat Tali Juga Efektif Untuk Membakar Lemak


Selain Menyenangkan, Lompat Tali Juga Efektif Untuk Membakar Lemak

Olahraga yang satu ini bisa jadi solusi bagi kalian yang ingin sesuatu yang mudah dan simpel. Skipping atau lompat tali bisa dilakukan di dalam rumah dan tetap bisa membuat Anda berkeringat dan meregangkan otot.

Selain itu, lompat tali juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi keluarga termasuk anak-anak. Kalian bisa mengajarkan olahraga dini pada anak melalui lompat tali ini. Lakukan olahraga ini setelah melakukan peregangan. Jika kuat, kalian bisa melakukannya 15 sampai 20 menit per hari.

5. Naik Turun Tangga Menjadi Salah Satu Alternatif Olahraga Sederhana Di Rumah


Naik Turun Tangga Menjadi Salah Satu Alternatif Olahraga Sederhana Di Rumah
Twitter/kburnham72

Membiasakan diri naik-turun tangga ternyata memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya itu, naik-turun tangga juga bisa menjadi cara efektif untuk mengganti waktu olahraga yang terlewatkan. Melakukan olahraga dan aktivitas fisik secara rutin, termasuk naik-turun tangga, dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak.

Dengan begitu, cadangan lemak tubuh pun akan berkurang. Efek ini menjadikan naik-turun tangga sebagai salah satu olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga rutin juga bisa membantu meningkatkan stamina, sehingga tubuh lebih fit dan lebih bertenaga.

6. Latih Otot Selama Berada Di Rumah Dengan Angkat Beban Sederhana


Latih Otot Selama Berada Di Rumah Dengan Angkat Beban Sederhana

Angkat beban tidak hanya bisa dilakukan dengan datang ke tempat gym, namun kalian bisa melakukan olahraga ini di rumah. Olahraga angkat beban tidak harus dilakukan dengan menggunakan dubble atau barble. Kalian bisa menggantikannya dengan peralatan yang ada di rumah, seperti ember yang berisi air atau sisa botol yang tidak terpakai.

Layaknya olahraga jenis lain, angkat beban juga bisa memberikan beragam manfaat sehat. Sebuah studi menemukan, orang yang melakukan olahraga angkat beban empat kali seminggu selama delapan belas bulan memiliki penurunan lemak tubuh yang lebih besar daripada mereka yang tidak berolahraga atau hanya melakukan latihan aerobik.

7. Ajak Keluarga Bermain Sambil Olahraga Di Rumah Dengan Hula Hoop


Ajak Keluarga Bermain Sambil Olahraga Di Rumah Dengan Hula Hoop

Meskipun olahraga ini terbilang cukup sederhana, olahraga ini terbilang cukup sulit untuk dilakukan. Untuk bisa melakukan hula hoop yang baik kalian bisa melakukan latihan secara terus menerus agar nantinya dapat memainkan hula hoop secara baik dan benar. Olahraga ini terbilang cukup ringan dan bisa anda lakukan dimana saja termasuk rumah.

Selain itu hula hoop juga sangat efektif dalam membakar kalori di dalam tubuh, terutama merampingkan perut. Untuk melakukan hula hoop juga tidak membutuhkan area yang sangat luas. Kalian bisa melakukan ini di halaman rumah atau ruangan yang sekiranya cukup lebar dan bisa. Ajak keluarga juga untuk bermain bersama agar olahraga jadi lebih menyenangkan.

8. Beberapa Olahraga Kardio Bisa Dilakukan Di Rumah Dan Efektif Memperkuat Paru-paru


Beberapa Olahraga Kardio Bisa Dilakukan Di Rumah Dan Efektif Memperkuat Paru-paru
Sun-Times/Brian Ernst

Olahraga kardio merupakan kegiatan olah tubuh yang bertujuan memperkuat jantung dan paru-paru. Selain mampu memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen, olahraga kardio juga bermanfaat memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan.

Terdapat banyak sekali jenis olahraga kardio sederhana yang bisa kalian coba di dalam rumah dan tanpa peralatan. Contohnya adalah high knees yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggerakan otot utama pada bagian paha dan betis pada kecepatan tertentu. Lalu, ada burpee, yaitu olah gerak keseluruhan tubuh. Burpee terdiri dari gerak jongkok (squat), tendang kedua kaki ke belakang (kick feet back), push-up, kembali melakukan squat (ke posisi jongkok) dan terakhir berdiri sambil berloncat.

Intip juga yuk beberapa kegiatan yang bisa dilakukan agar produktif ketika karantina mandiri di sini. Simak juga beberapa tips membersihkan ponsel kalian dari bakteri dan virus di sini.

You can share this post!

Related Posts