PDP Di Kalimantan Barat Meninggal Dunia Sebelum Hasil Tes Lab Keluar
Nasional

Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Pontianak, Kalimantan Barat meninggal dunia. Bahkan pasien tersebut meninggal sebelum hasil pemeriksaan tes laboratorium dari Kemenkes keluar.

WowKeren - Baru-baru ini seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait virus corona di Kalimantan Barat telah meninggal dunia pada Rabu (25/3). Bahkan pasien asal Pontianak tersebut meninggal sebelum hasil pemeriksaan tes laboratorium dari Kemenkes keluar.

"PDP ini laki-laki berusia 50 tahun asal Kota Pontianak. Ia meninggal dunia meski hasil laboratorium dari Balitbangkes Kemenkes belum keluar," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Harisson, di Pontianak, Rabu (25/3). Kepala Dinas juga menerangkan bahwa PDP tersebut merupakan pasien di ruang isolasi RSUD Sudarso, Kota Pontianak. PDP lantas dinyatakan telah meninggal dunia pada pukul 07.00 WIB, Rabu (25/3).

Selain itu, Harisson juga menjelaskan bagaimana riwayat perjalanan PDP tersebut. Diketahui bahwa pasien sempat melakukan perjalanan ke Surabaya pada Februari lalu. Lantas pada 18 Maret lalu, pasien sempat didiagnosa Pneumonia saat menjalani perawatan di salah satu rumah sakit yang berada di Pontianak.


"Pada 23 Maret 2020, pasien langsung dibawa ke RS Soedarso untuk dirawat dan masuk di ruang isolasi," tambah Harrisson. Ia juga menerangkan bahwa jenazah PDP ini akan dipulangkan ke kediaman dan dimakamkan dengan standar WHO.

"Kita belajar dari pengalaman sebelumnya, sekarang ini semua Rumah Sakit telah melaksanakan standar PPI (pencegahan dan pengendalian infeksi) dengan ketat," papar Harisson. "Untuk PDP yang meninggal ini masih menunggu hasil laboratorium, dinyatakan positif atau tidaknya."

Kendati demikian, kini data dari posko Covid-19 Dinas Kesehatan di Kalbar mengalami peningkatan. Harisson mengonfirmasi per 25 Maret 2020 pukul 15.00 WIB, jumlah ODP di Kalbar mencapai 2031 orang, dengan jumlah positif Covid-19 ada 3 orang, PDP berjumlah 37 orang, dua orang diantaranya meninggal dunia.

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait