Kesaksian Penggali Kubur Soal Kondisi Makam Ibunda Jokowi
SerbaSerbi
Ibunda Jokowi Tutup Usia

Penggali Kubur bernama Suripto sudah bertahun-tahun mengurus persiapan pemakaman keluarga Jokowi di Solo. Ia sempat mengungkap proses persiapan menggali liang lahat untuk ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo.

WowKeren - Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo, meninggal dunia pada 25 Maret. Wanita berusia 77 tahun wafat setelah berjuang melawan penyakit kanker tenggorokan.

Hari ini, Kamis, 26 Maret, Sudjiatmi dimakamkan di Dukuh Mundu, Kelurahan Selokaton Gondangrejo, Karanganyar. Digelar saat virus Corona menyerang Indonesia, Jokowi memberlakukan protokol ketat demi mencegah penularan.


Para pelayat dibatasi dan wajib menaati sejumlah aturan. Mulai dari memakai masker, mengukur suhu dengan thermogun dan masuk bilik disinfektan. Selain itu, pihak pelayat juga menjalani screening untuk memeriksa barang bawaan.

Bukan cuma di rumah duka, di areal pemakaman juga disiapkan tempat cuci tangan dan penyemprotan disinfektan di kawasan makam. Lokasi pemakaman ibunda Jokowi itu terletak di tengah-tengah perkampungan. Kondisinya cukup sederhana di dekat area persawahan milik warga sekitar.

Proses pemakaman mendiang Sudjiatmi dimulai pukul 13:00 WIB. Pihak tentara diperbantukan untuk mengangkat peti jenazah nenek dari Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep tersebut.

Makam

Sumber: Instagram

Terkait proses persiapan, Suripto warga setempat yang juga dipercaya menggali tanah untuk makam Sudjiatmi sempat angkat bicara. Pada Tribun Solo, Suripto mengungkap proses persiapan tak memakan waktu lama.

"Tanahnya mudah digali," seru Suripto. "Kami buat beisting terus melakukan pengecoran."

Suripto mengaku sudah sering menggali makam untuk keluarga besar Jokowi. "Yang tanggung jawab menggali dari awal itu saya, sudah hampir tujuh tahun melakoninya. Ya keluarga besar Jokowi," katanya.

Hj. Sudjiatmi Notomihardjo lahir di Boyolali pada 15 Februari 1943. Saat datang melayat, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, mengungkap soal wasiat mendiang ibunda Jokowi itu.

"Saya tanya (kepada keluarga Presiden Jokowi), apa wasiatnya (ibunda Jokowi), beliau ingin putra putri melanjutkan silaturahmi dengan teman-teman almarhumah," kata Khofifah. "Kalau ada sisa rizki, diwakafkan ke masjid."

(wk/riaw)

You can share this post!

Related Posts