Imbas Corona, Foto Before-After Jakarta Sunyi Jadi Sorotan
Instagram
SerbaSerbi
COVID-19 di Indonesia

DKI Jakarta menjadi kota di Indonesia dengan jumlah kasus positif terbesar. Total 472 kasus positif Corona dengan rincian 43 kasus meninggal dan pasien sembuh mencapai 27 kasus.

WowKeren - Beberapa waktu lalu, Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) memprediksi pertambahan jumlah penduduk DKI Jakarta pada 2020. Penduduk bertambah 72 ribu orang dan totalnya menjadi 10,57 juta orang.

Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bappenas menyebutkan jumlah ini naik 0,7% dari tahun sebelumnya yang sebanyak 10.504.100 jiwa. Karena itu, tak heran jika area di DKI Jakarta tergolong padat dan rawan kemacetan.


Hampir di berbagai area Jakarta selalu dipenuhi kendaraan bermotor. Mulai dari sepeda motor, mobil hingga transportasi umum. Jakarta juga menjadi salah satu kota di dunia dengan tingkat polusi yang meningkat setiap tahunnya.

Photo-INFO

Foto Jakarta Before-After (Twitter)

Namun situasi berubah drastis setelah Indonesia diserang virus Corona. Berdasarkan data pemerintah hingga 25 Maret, total 472 kasus positif Corona di DKI Jakarta. Jumlah kasus yang meninggal juga bertambah, dari yang sebelumnya 37 menjadi 43 kasus. Sedangkan total pasien sembuh juga meningkat menjadi 27 kasus. Akibatnya pemerintah Jakarta memberlakukan aturan untuk bekerja di rumah dan meminta masyarakat membatasi kegiatan outdoor.

Photo-INFO

Foto Bundaran HI Before-After (Twitter)

Dengan berkurangnya orang-orang yang beraktivitas di luar, hal ini membuat Jakarta terkesan sunyi. Akun Twitter @ryan_nus membagikan foto sebelum dan sesudah terjadinya virus Corona.

Photo-INFO

Foto Stasiun Sudirman Before-After (Twitter)

Netter langsung takjub kala melihat sejumlah area seperti Bundaran HI dan Stasiun Sudirman yang biasa padat serta macet kini begitu lengang. Situasi jalan yang biasanya semrawut kini nyaris kosong melompong.

Photo-INFO

Foto Kolong Semanggi Before-After (Twitter)

"Jakarta sebelum dan sesudah corona," kata @ryan_nus yang seorang pengemudi Ojol. "ryan_nus Semangat... Tetep jaga kesehatan.. Semua ini pasti berlalu," seru @bacotbatelah. "@ryan_nus Makasih bang foto-fotonya. Asli dr kemaren penasaran," ujar @madepanduu.

Video Slide Foto Jakarta Before-After Corona

"@ryan_nus Hikmahnya udara jadi bersih, dan masyarakat skrg lebih higienis. Bumi rehat sejenak," seru @fachrozi. "@ryan_nus Bumi sedang menyembuhkan diri," seru Anggitasrya.

Akun @aranvankasave bahkan cukup kreatif membuat slide berisi foto-foto Jakarta sebelum dan sesudah itu. Video tersebut diiringi dengan lagu milik NOAH, "Hidupmu Untukmu, Mati Tanpamu". Alunan lirik melankolis yang dibawakan vokalis NOAH, Ariel, seolah makin menggambarkan situasi Jakarta saat ini yang tengah mendapat ujian karena serangan Covid-19.

(wk/riaw)

You can share this post!

Related Posts