Jokowi Didesak Lockdown Jakarta, PDIP Sebut Negara Lain Yang Sukses Terapkan Kebijakan Ini
Nasional

Presiden Joko Widodo didesak segera melakukan lockdown Jakarta demi menekan penyebaran vwabah virus corona (C0VID-19), PDIP sebut negara lain yang sukses terapkan kebijakan tersebut.

WowKeren - Penyebaran wabah virus corona semakin meningkat di Indonesia setiap harinya. Presiden Joko Widodo saat ini didesak oleh sejumlah pihak untuk segera memberlakukan lockdown atau pembatasan wilayah di Provinsi DKI Jakarta.

Seperti yang diketahui, DKI Jakarta menjadi wilayah terparah yang terimbas virus corona saat ini. Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Masinton Pasaribu bahkan meminta Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk segera mempertimbangkan langkah lockdown di Jakarta.

Menurut Masinton, saat ini Jakarta tak terbantahkan sebagai episenter virus corona. Apalagi, Jakarta menjadi tempat dari separuh kasus positif corona yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Tidak ada salahnya membahas dan mempersiapkan opsi lockdown sebagai alternatif terakhir untuk wilayah provinsi DKI Jakarta,” kata Masinton seperti dilansir CNNIndonesia, Kamis (26/3). “Melihat penerapan opsi lockdown di berbagai negara, ternyata efektif meminimalisir penyebaran virus corona.”

Masinton mengatakan sejumlah negara lainnya dinilai suskses dalam menerapkan lockown sebagai langkah utama dalam menghentikan rantai penyebaran virus corona. Negara-negara yang dimaksud Masinton adalah Tiongkok di Provinsi Hubei hingga negara tetangga Malaysia.


Meski demikian, Masinton mengerti mengapa lockdown memang bukan opsi tunggal memerangi corona di Indonesia. Namun tetap, baginya opsi lockdown merupakan metoe paling ampuh sejumlah negara dalam menekan angka persebaran virus corona ini.

Anggota legislatif dari Dapil Jakarta II ini lantas mengingatkan Anies dan Jokowi harus saling mendengar masukan. Dia mengatakan butuh kerja sama yang apik dari pusat dan daerah dalam menangani wabah virus corona.

” Jangan ada egoisme kebijakan antara pemerintah pusat maupun pemerintah daerah DKI Jakarta,” tegas Masinton. “Keselamatan dan kesehatan rakyat adalah yang utama. Singkirkan egoisme, bangun sinergitas dan solidaritas antar pemerintahan pusat dan daerah.”

Masinton menjeaskan jika saat ini Jakarta masih belum terlambat untuk memberlakukan opsi lockdown. Menurutnya, saat ini Pemprov DKI perlu menambah perlengkapan medis rumah sakit rujukan, menyiapkan dapur umum, menyetok alat kesehatan untuk warga, dan menyiagakan aparat keamanan.

"Sejatinya warga Jakarta telah siap dengan opsi apapun, termasuk opsi lockdown,” kata Mansinton. “Rakyat menunggu persiapan dan kesiapan pemerintah pusat bersama pemerintah daerah DKI Jakarta.”

Hingga Kamis (26/3), DKI Jakarta telah memiliki 459 positif corona. Jumlah korban meninggal di ibu kota akibat COVID-19 ini mencapai 48 korban jiwa.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait