Pandemi Corona di Indonesia, PON 2020 di Papua Terancam Ditunda
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Penyebaran virus corona yang belum mereda di Indonesia membuat Menpora membuka opsi untuk menunda penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua, Oktober mendatang.

WowKeren - Laju penambahan pasien positif COVID-19 di Indonesia kian hari makin meresahkan. Seperti diungkap dalam konferensi pers Kamis (26/3), terdapat tambahan 103 kasus positif dalam rentang 24 jam terakhir.

Rentang 24 jam yang dimaksud adalah sejak Rabu (25/3) pukul 12.00 WIB kemarin hingga Kamis pukul 12.00 WIB. Sehingga, total terdapat 893 kasus positif COVID-19, dengan 780 diantaranya sedang dalam proses perawatan.


Hal ini tentunya membuat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali membuka kemungkinan untuk menunda penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua, Oktober mendatang.

"Kalau memang harus mengambil keputusan untuk tunda, tentu kita tunda. Tetapi jika situasi makin mereda dan kesiapan untuk pelaksanaan PON 2020 tidak terganggu secara signifikan maka saya kira tetap akan dilangsungkan sesuai rencana," ujar Zainuddin.

Namun, ia menegaskan bahwa keputusan untuk menunda pekan olahraga tersebut tidak bisa diambil dalam waktu dekat. Jadi, untuk sementara penyelenggaraan PON masih ditetapkan sesuai jadwal.

Menurut hasil rapat dengan Presiden Joko Widodo, Menpora akan melihat perkembangan situasi dalam beberapa waktu mendatang. "Tetapi itupun bukan menjadi keputusan Menpora sendiri, tentu saya akan ajak diskusi dengan KONI Pusat, KONIDA, dan cabor-cabor karena mereka telah mempersiapkan jauh-jauh hari, tetapi inilah situasi yang memang harus kita hadapi tidak ada satupun diantara kita yang bisa melawan situasi ini," ungkapnya.

Zainuddin menilai bahwa keselamatan seluruh pihak di bidang olahraga akan menjadi prioritas. Ia juga meminta doa dari seluruh warga Indonesia agar persiapan PON, dan kompetisi olahraga lainnya dapat berjalan sesuai rencana.

"Kedepannya kita akan evaluasi seperti apa juga untuk IBL Kompetisi Bola Basket Profesional juga untuk Pro Liga Kompetisi Bola Voli Profesional juga harus terhenti tapi apa boleh buat keputusan dan langkah itu harus kita tetapkan untuk menjaga keselamatan para atlet pelatih dan ofisial kita supaya terhindar dari wabah COVID-19," tutupnya.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts