COVID-19 Bikin Susah Ke Pasar? 9 Jenis Sayuran Ini Mudah Ditanam Di Rumah Dan Cepat Panen Loh!
SerbaSerbi

Karena wabah COVID-19, ada baiknya jika menyiapkan kebutuhan pangan seperti sayur-sayuran mulai sekarang. Selain itu, menanam sayuran juga bisa untuk antisipasi jika suatu saat barang tersebut langka di pasaran.

WowKeren - Karena wabah corona yang makin meluas ini, banyak warga di wilayah Indonesia diimbau untuk tetap berada di rumah demi mengurangi penularan virus. Bahkan beberapa sekolah dan kampus telah diliburkan dan para murid mulai belajar secara mandiri atau melakukan pembelajaran online di rumah.

Tak hanya itu, banyak perusahaan juga mewajibkan pengawainya untuk melakukan kerja di rumah atau work from home. Skenario terburuknya, suatu kota bisa saja di lockdown untuk benar-benar mengurangi penyebaran virus yang menyerang paru-paru ini.


Jika sudah begitu, para masyarakat tak akan diperbolehkan untuk keluar rumah kecuali keadaan yang sangat mendesak. Membeli kebutuhan pangan di pasar pun akan sangat susah. Untuk itu ada baiknya jika kalian menyiapkan kebutuhan pangan seperti sayur-sayuran mulai sekarang. Selain itu, menanam sayuran juga bisa untuk antisipasi jika suatu saat barang tersebut langka di pasaran.

Berikut tim WowKeren rangkum 9 jenis sayuran yang mudah kalian tanam sendiri dirumah dan bisa panen dengan cepat. Dengan menanam tanaman yang dapat lebih cepat panen, kalian tak perlu menunggu terlalu lama untuk dapat menuai hasilnya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Selain Mudah Ditanam, Bawang Merah Dan Bawang Putih Adalah Bumbu Utama Dalam Masakan


Selain Mudah Ditanam, Bawang Merah Dan Bawang Putih Adalah Bumbu Utama Dalam Masakan

Hampir tiap menu masakan membutuhkan bawang merah dan putih sebagai bahan untuk menambah cita rasanya. Maka tak heran jika kebutuhan akan bawang merah dan putih terus menerus meningkat. Bawang merah dan putih ini termasuk jenis sayuran yang mudah di panen loh.

Hal inilah yang juga menjadi alasan mengapa bawang merah dan putih sangat menguntungkan. Selain itu, bawang juga bisa dengan mudah kalian panen dalam waktu yang singkat. Bawang bisa dipetik setelah 3-4 minggu setelah kalian tanam.

2. Selada Akan Makin Segar Jika Ditanam Di Kebun Sendiri


Selada Akan Makin Segar Jika Ditanam Di Kebun Sendiri

Selada merupakan tanaman sarat dengan kebaikan sejumlah nutrisi. Selada adalah salah satu dari sedikit tanaman yang dapat tumbuh dengan baik, bahkan di bawah suhu rendah dan dapat menghasilkan volume panen yang baik dalam waktu kurang dari 30 hari.

Hal terbaik tentang selada adalah kenyataan bahwa ada sejumlah varietas yang sama yang tersedia dan masing-masing memiliki rasa yang berbeda. Dengan demikian, kalian dapat memilih diantara sayuran atau menanam varietas selada yang berbeda secara bersamaan.

3. Sawi Hijau Juga Menjadi Salah Satu Sayuran Favorit Untuk Ditanam Sendiri


Sawi Hijau Juga Menjadi Salah Satu Sayuran Favorit Untuk Ditanam Sendiri

Dalam membudidayakannya, sawi hijau ini tidak butuh sinar matahari yang banyak. Sayuran sawi hijau ini lebih cocok ditanam pada daerah dengan intensitas sinar matahari kurang lebih 3-4 jam sehari. Tempat yang lembab dan memiliki banyak unsur hara dibutuhkan supaya sayuran sawi hijau ini dapat cepat tumbuh.

4. Jadi Santapan Sehari-hari, Kangkung Ternyata Sangat Mudah Ditanam


Jadi Santapan Sehari-hari, Kangkung Ternyata Sangat Mudah Ditanam

Budidaya kangkung relatif mudah dan dapat ditanam di musim apa saja. Kangkung sudah bisa dipanen pada umur 3 minggu dari penanaman biji. Terlebih lagi, kangkung bisa ditanam di lahan sempit sekitar rumah.

Cara menanamnya pun bervariasi, salah satunya ialah hidroponik. Dengan membudidayakan kangkung secara hidroponik ini, kalian akan mendapatkan lebih banyak keuntungan karena tak membutuhkan perhatian yang intens.

5. Salah Satu Sumber Zat Besi, Bayam Bisa Jadi Pilihan Sayuran Sehat Kalian


Salah Satu Sumber Zat Besi, Bayam Bisa Jadi Pilihan Sayuran Sehat Kalian

Bayam dapat tumbuh subur pada tempat yang teduh dan berada di bawah sinar matahari. Tak hanya itu saja, bahkan bayam bisa ditanam dalam ruangan yang dekat ambang jendela. Apabila kalian menanam bayam dalam pot, maka sebaiknya kalian menggunakan pot dengan ukuran sekitar 6-8 inci.

Tanaman bayam yang sudah tidak produktif bisa dilihat dari daun muda yang dihasilkan. Semakin tua umur bayam akan menghasilkan daun yang lebih kecil dibandingkan saat masih berumur sekitar 5 minggu.

6. Lobak Bisa Tumbuh Di Berbagai Lingkungan Dan Cepat Panen


Lobak Bisa Tumbuh Di Berbagai Lingkungan Dan Cepat Panen

Lobak dipenuhi dengan kebaikan sejumlah nutrisi. Hal terbaik menanam lobak adalah tidak memerlukan kondisi cuaca tertentu dan dapat tumbuh di berbagai lingkungan. Hal ini membuat lobak menjadi salah satu tanaman yang cocok ditanam di rumah.

Namun, yang harus dilakukan adalah menabur benih lobak di tanah dan menyirami setiap 1 atau 2 hari sekali. Biasanya, lobak membutuhkan waktu sekitar 25 hari untuk tumbuh hingga mencapai bentuk paling matang. Dalam beberapa kasus, mungkin perlu hingga 30 hari.

7. Wortel Termasuk Sayuran Yang Paling Cepat Panen Dan Enggak Butuh Banyak Perawatan


Wortel Termasuk Sayuran Yang Paling Cepat Panen Dan Enggak Butuh Banyak Perawatan

Sayuran ini adalah varietas yang bisa di panen cepat. Ambil benih wortel dan tanam dalam wadah penuh lumpur atau langsung ke tanah. Selain itu, benih wortel ini juga mudah tersedia di pasaran.

Sayuran khusus ini tidak membutuhkan banyak perawatan atau perhatian setelah ditanam. Kalian bisa menyiraminya setiap 2 hingga 3 hari sekali dan dalam 30 hari berikutnya, wortel yang lezat sudah bisa langsung dinikmati dari kebun.

8. Mentimun Yang Segar Bisa Kalian Dapatkan Langsung Dari Kebun Sendiri


Mentimun Yang Segar Bisa Kalian Dapatkan Langsung Dari Kebun Sendiri

Mentimun adalah sayuran yang bisa dipilih untuk dimakan mentah atau bisa menjadi bahan makanan dengan resep lezat. Untuk menanamnya tidak memerlukan banyak waktu dan dapat tumbuh selama musim apapun sepanjang tahun.

Satu-satunya yang dibutuhkan mentimun adalah ruang. Oleh karena itu, disarankan agar memisahkan mentimun satu sama lain di kebun dapur dan kalian dapat menggunakan teralis untuk hal yang sama. Untuk panen, waktunya menunggunya hanya 3 hingga 4 minggu saja loh.

9. Kacang Polong Yang Nikmat Bisa Kalian Tanam Di Kebun Sendiri


Kacang Polong Yang Nikmat Bisa Kalian Tanam Di Kebun Sendiri

Jenis kacang ini tumbuh jauh lebih mudah dibandingkan dengan varian lainnya dan sarat dengan vitamin. Jika kalian adalah seseorang yang sadar akan keindahan estetika kebun dapur, maka sayuran ini adalah sesuatu yang harus ditanam.

Hanya didalam selagi 2 bulan saja, kacang polong telah dapat kamu panen. Kacang polong dapat tumbuh pada media tanah langsung maupun pot. Terlebih lagi, langkah menanam kacang polong ini memadai ringan dilakukan.

Intip juga yuk beberapa olahraga yang bisa kalian praktekan di rumah dalam artikel berikut. Simak juga beberapa tips merawat tangan kalian agar tetap sehat meski sering cuci tangan di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru