Kominfo Bakal Rilis TraceTogether Demi Lacak Corona, Sama Dengan Aplikasi Singapura?
Nasional

Pemerintah melalui Kominfo akan merilis aplikasi bernama TraceTogether untuk menangani penyebaran virus corona COVID-19 di Indonesia. Namun, nama aplikasi tersebut sama dengan aplikasi yang telah diluncurkan oleh Singapura pekan lalu.

WowKeren - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan akan merilis aplikasi bernama TraceTogether untuk menangani penyebaran virus corona COVID-19 di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Menkominfo Johnny G Plate pada Kamis (26/3).

Aplikasi tersebut bisa digunakan pada smartphone orang yang terkena COVID-19. Setelah terpasang, aplikasi tersebut dapat melacak interaksi dan pergerakan pasien positif virus corona ini selama 14 hari ke belakang.

Namun, diketahui bahwa pemerintah Singapura telah membuat aplikasi serupa dengan nama yang sama yang diluncurkan pada Jumat (20/3) pekan lalu. Aplikasi TraceTogether dapat mengidentifikasi orang yang berada dalam jarak 2 meter dari pasien virus corona selama setidaknya 30 menit, menggunakan teknologi nirkabel Bluetooth.


Lantas apakah kedua aplikasi tersebut dibuat oleh orang yang sama karena memiliki nama yang sama. Menjawab hal tersebut, Menkominfo menegaskan bahwa aplikasi TraceTogether yang akan dirilis pemerintah tidak sama dengan milik Singapura.

"Aplikasi ini dikembangkan oleh anak-anak negeri sendiri yang hasilnya sama atau setara dengan di Singapura," ujar Johnny dalam sesi konferensi pers secara online, Kamis (26/3). "Pada intinya, aplikasi-aplikasi ini dibuat untuk digunakan agar mampu melakukan tracing, tracking, dan fencing, sehingga usaha kita memutus jalur sebaran COVID-19 dapat dilakukan dengan baik dan cepat."

Dalam kesempatan tersebut, Menkominfo juga menyebutkan bahwa aplikasi TraceTogether terintegrasi dengan Satgas COVID-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kominfo, dan Kementerian Kesehatan. "Karena data-data pasien ada di Kementerian Kesehatan, nanti Kementerian Kesehatan akan men-tracing, tracking, dan fencing," pungkasnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru