Butuh Masker Buat Cegah Corona Tapi Tak Kebagian? Buat Sendiri Aja di Rumah dengan 7 Cara Mudah Ini
Lifestyle

Setelah Corona mewabah di Indonesia, masker menjadi salah satu barang langka yang dijual dengan harga selangit. Jika kamu membutuhkan masker tapi kesulitan mendapatkannya, sebaiknya coba beberapa cara ini untuk membuatnya sendiri di rumah.

WowKeren - Virus Corona semakin hari semakin mewabah. Pasien positif COVID-19 di Indonesia hingga Jumat (27/3) telah mencapai 1.046 orang dengan kasus kematian sebesar 87 jiwa.

Virus Corona sendiri bisa dibilang sangat mudah menyebar dari manusia ke manusia melalui droplet. Karena itulah masyarakat khususnya yang sedang sakit diimbau untuk selalu menggunakan masker.


Namun seiring dengan meningkatnya kekhawatiran masyarakat terhadap virus asal Tiongkok ini, membuat pedagang meningkatkan harga masker hingga ratusan kali lipat. Persediaannya pun semakin menipis. Alhasil, ada banyak sekali masyarakat yang membutuhkan namun tidak mendapatkan masker tersebut.

Nah buat kamu yang sedang membutuhkan masker tapi bingung harus mencari kemana, jangan khawatir. Sebab kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan pun tidak tidak susah dicari. Penasaran? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Coba Bikin Sendiri Masker Rumahan Ala Petinggi Rumah Sakit di Hongkong Buat Cegah Corona


Coba Bikin Sendiri Masker Rumahan Ala Petinggi Rumah Sakit di Hongkong Buat Cegah Corona
YouTube

Seorang asisten kepala eksekutif Rumah Sakit Universitas Hong Kong yakni Joe Fan King-man mengatakan bahwa masker buatan rumah bisa menjadi alternatif bagi mereka yang membutuhkan namun tidak memilikinya. Setelah dites oleh laboratorim di City University, masker tersebut terbukti mencapai 80 hingga 90 persen fungsi masker bedah reguler dalam hal penyaringan aerosol dan tetesan. Meskipun demikian, masker ini tidak bisa berfungsi permanen.

Perlatan yang dibutuhkan untuk membuatnya antara lain kitchen roll, kertas tisu, karet gelang, pelubang kertas, pita kertas, gunting, kawat baja berlapis plastik, sepasang gelas, map file plastik serta klip pengikat. Sebelum membuatnya, pastikan Anda sudah mencuci tangan hingga bersih dengan sabun serta bersihkan barang-barang Anda.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah meletakkan satu potong kitchen roll dengan tempat bersih di atas yang lain. Kedua, tempatkan selembar kertas tisu yang akan digunakan sebagai lapisan bawah masker, di atas dua potong gulungan kitchen roll.

Setelah itu potong tumpukan kertas menjadi dua dan gunakan pita kertas untuk menutup kedua sisi masker. Lalu buat dua lubang di setiap sisi yang tertutup dengan pukulan. Berikutnya pasang kawat logam dengan pita kertas ke tepi atas masker untuk membuat kawat jembatan hidung. Terakhir, ikat empat karet gelang melalui lubang di sisi masker.

2. Buat Masker Sendiri di Rumah Untuk Cegah Corona dengan Memanfaatkan Kain Tak Terpakai


Buat Masker Sendiri di Rumah Untuk Cegah Corona dengan Memanfaatkan Kain Tak Terpakai

Kalau kamu memiliki banyak kain bekas yang tak terpakai di rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk dibuat masker. Beberapa bahan yang kamu butuhkan antara lain kain bekas, template masker (bisa dari masker bekas atau rancang sendiri di kertas), tali elastis serta mesin atau alat jahit.

Pertama kamu buat dulu template yang serupa dengan masker bedah pada umumnya. Potong template tersebut dengan ukuran 17,5 cm x 17 cm. Setelah itu buat lipatan kecil berukuran 1 cm di bagian tengah dan buat jeda jarak sekitar 2 cm. Kemudian siapkan tali elastis dan letakkan di ujung kiri dan kanan masker. Terakhir lipat ujung masker dan jahit bersama tali. Jika sudah, masker buatan sendiri siap digunakan.

3. Masker N95 Makin Langka di Pasaran Karena Wabah Corona? Buat Sendiri Aja di Rumah dengan Model Ikat


Masker N95 Makin Langka di Pasaran Karena Wabah Corona? Buat Sendiri Aja di Rumah dengan Model Ikat
YouTube

Karena wabah Corona, masker N95 belakangan ini lumayan booming. Karena itulah masker ini dijual dengan harga yang sangat mahal dan persediaannya semakin tipis. Apa kamu juga tidak kebagian masker satu ini? Tenang, kamu bisa kok membuatnya sendiri selama di rumah aja. Untuk melakukannya, kamu harus menyiapkan beberapa bahan seperti kain, jarum pentul, gunting, template masker yang bisa dibuat dari kertas serta mesin atau alat jahit.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat template masker yang dirancang di atas kertas. Setelah itu, potong kain sesuai dengan ukuran template. Agar potongannya lebih rapi, rekatkan kain dan template dengan jarum pentul. Setelah itu buat dua potongan kain dan susun potongan tersebut menyerupai cermin lalu rekatkan bagian tengahnya dengan mesin atau alat jahit. Jika selesai, masker siap digunakan.

4. Punya Banyak Kain Neoprane di Rumah? Manfaatkan Saja Untuk Membuat Masker Pencegah Corona


Punya Banyak Kain Neoprane di Rumah? Manfaatkan Saja Untuk Membuat Masker Pencegah Corona
YouTube

Masker N95 juga bisa kamu buat dari kain neoprane yang cukup elastis. Bahan-bahan yang kamu perlukan antara lain kain neoprane, jarum pentul, rancangan kertas untuk template serta mesin atau alat jahit.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat template masker dari kertas yang sesuai dengan ukuranmu. Selanjutnya, buat dua potongan kain sesuai dengan template yang sudah dibuat lalu potong dengan rapi. Kamu juga bisa menggunakan jarum pentul untuk memudahkan potongan. Setelah potongan kain selesai, susun potongan kain menyerupai pantulan cermin. Jahit kedua kain tersebut agar bisa menyatu. Masker N95 yang elastis dan nyaman siap digunakan.

5. Butuh Masker Untuk Cegah Corona Tapi Kehabisan? Buat Sendiri Aja di Rumah dengan Kain Kasa


Butuh Masker Untuk Cegah Corona Tapi Kehabisan? Buat Sendiri Aja di Rumah dengan Kain Kasa

Jika kamu memiliki kain kasa di rumah, tak ada salahnya untuk memanfaatkannya sebagai masker. Adapun bahan yang kamu perlukan antara lain kain kasa, tali elastis, peniti serta mesin atau alat jahit.

Cara pembuatan masker ini tak jauh berbeda dengan poin pertama. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memotong kain kasa dan tali elastis sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu lipat kasa menjadi dua kemudian jahit di ujung kanan dan kiri kain hingga membentuk lubang. Selanjutnya kamu harus memasang tali elastis dengan peniti di lubang masker lalu ikat bagian ujungnya. Terakhir, gerakkan tali elastis ke dalam untuk menyembunyikan simpul tali. Masker kasa buatan sendiri siap digunakan.

6. Masker Makin Langka, Buat Sendiri Aja Untuk Cegah Corona dengan Memanfaatkan Tisu dan Paper Towel


Masker Makin Langka, Buat Sendiri Aja Untuk Cegah Corona dengan Memanfaatkan Tisu dan Paper Towel
Youtube/South China Morning Post

Jenis masker satu ini direkomendasikan oleh South China Morning Post. Langkah pembuatannya sangat mudah, kamu bahkan tak memerlukan mesin atau alat jahit. Adapun bahan yang kamu perlukan antara lain paper towel atau handuk kertas, kertas tisu, karet, pelubang kertas serta selotip.

Untuk membuatnya, pertama-tama letakkan kertas tisu dan paper towel sekitar dua lapis. Lalu potong tumpukan kertas tersebut menjadi dua. Setelah itu rekatkan ujung kertas dengan selotip, lalu lubangi ujung kertas dengan alat pelubang kertas. Terkahir, pasang karet plastik di setiap lubang kertas. Sudah deh, masker tisu dan paper towel siap digunakan.

7. Punya Kertas Dapur yang Tak Digunakan? Manfaatkan Saja Untuk Dibuat Masker Demi Cegah Corona


Punya Kertas Dapur yang Tak Digunakan? Manfaatkan Saja Untuk Dibuat Masker Demi Cegah Corona
Twitter/MPD_bousai

Bahan berikutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat masker adalah kertas dapur yang tak terpakai. Ide ini didapat dari seorang warga Jepang yang viral di Twitter dengan nama akun @MPD_bousai. Cara pembuatannya sangatlah mudah. Kamu hanya perlu melipat kertas dapur dengan cara memanjang, lalu pasang karet gelang di kedua sisinya dengan menggunakan stapler. Tapi sayangnya, masker ini kurang dapat menyerap debu dan pasir.

Demikian beberapa cara membuat masker sendiri di rumah untuk mencegah Corona. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa cara mengatasi krisis keuangan yang tengah melanda di tengah wabah Corona. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips tetap produktif selama bekerja di rumah.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait