Viral Video Tim Medis Tiongkok Tiba di Indonesia, Imigrasi Justru Ungkap Fakta Lain
Getty Images
Nasional

Kepala Subbagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Ahmad Nur Saleh mengatakan jika mereka bukanlah tenaga medis melainkan warga negara biasa yang hendak meninggalkan Indonesia dalam rangka evakuasi.

WowKeren - Dunia maya kembali dihebohkan dengan video viral yang memperlihatkan beberapa orang tengah mengantre di Bandara Soekarno Hatta. Yang menarik perhatian adalah, orang-orang tersebut memakai APD atau alat pelindung diri yang dikenal sebagai "pakaian wajib" bagi petugas medis yang merawat pasien terinfeksi corona.

Dalam video itu disebutkan bahwa mereka adalah tenaga medis asal Tiongkok yang datang ke Indonesia pada Kamis (26/3). Perekam video terdengar menggunakan bahasa Mandarin.

Terkait hal ini, pihak Imigrasi ikut angkat bicara. Pihak Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM justru mengungkap fakta sebaliknya. Kepala Subbagian Humas Ditjen Imigrasi Ahmad Nur Saleh mengatakan, warga Tiongkok yang berada di Bandara Soekarno-Hatta itu justru hendak meninggalkan Indonesia.


"Jadi itu area keberangkatan yang di foto," kata Nur Saleh melalui siaran pers, Jumat (27/3). "Bukan area kedatangan dan diambilnya waktu pemulangan warga negara RRT."

Adapun mereka meninggalkan Indonesia dalam rangka evakuasi. Dan fakta lainnya adalah jika mereka bukanlah tenaga medis melainkan warga negara biasa. "Untuk proses evakuasi warga negara RRT (Republik Rakyat Tiongkok)," ujar Nur Saleh.

Dilansir Kompas, Jumat (27/3), dalam penerbangan tersebut terdapat 126 WN Tiongkok sebagai penumpang serta tujuh orang kru yang terdiri dari 1 orang WNI, 1 orang WN Korea Selatan, 2 orang WN Filipina, dan 3 orang WN Kamboja.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait