Hari Film Nasional, Simak 8 Tontonan Nostalgia Ini untuk Teman Rebahan di Tengah Wabah Corona
Film
Seleb vs Corona

Jagat maya Twitter ramai memperingati Hari Film Nasional meski bioskop sedang ditutup sementara waktu karena wabah Corona. Sejumlah judul film Indonesia juga menjadi bahan perbincangan.

WowKeren -

Tanggal 30 Maret diperingati sebagai Hari Film Nasional setiap tahunnya. Peringatan Hari Film Nasional tahun ini tak bisa dirayakan dengan menonton di bioskop karena wabah Corona yang sedang melanda Indonesia. Namun, peringatan Hari Film Nasional tetap dirayakan meriah di media sosial Twitter.

Pada Senin (30/3), "Selamat Hari Film Nasioanal" menjadi salah satu kalimat yang banyak dibicarakan pengguna Twitter Indonesia. Menyusul trending tersebut, beberapa judul film Indonesia juga menjadi perbincangan. Film-film tersebut sebagian besar dirilis bertahun-tahun silam, namun masih membekas di hati para pecintanya.

Berikut 8 judul film yang sempat menjadi trending Twitter Indonesia, sebagian besar bisa disaksikan secara legal di Netflix. Semoga film-film tersebut bisa menjadi rekomendasi "teman rebahan" selama mengkarantina diri di rumah, ya!

(wk/nere)

1. Tenggelamnya Kapal Van der Wick


Tenggelamnya Kapal Van der Wick

"Tenggelamnya Kapal Van der Wick" dirilis pada 2013 silam. Namun jangan khawatir, film yang dibintangi Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan Reza Rahadian tersebut dapat disaksikan secara legal di Netflix maupun Iflix.

"Tenggelamnya Kapal Van der Wick" adalah karya sastra karya Buya Hamka yang diterbitkan pada 1938 silam, namun kisahnya tak lekang oleh waktu hingga diangkat ke layar lebar. Kisah cinta Zainuddin dan Hayati tersebut masih dinikmati hingga saat ini.

2. Ada Apa Dengan Cinta?


Ada Apa Dengan Cinta?

Selain kisah Zainuddin dan Hayati, ada pula romansa remaja yang hingga saat ini masih banyak dibahas. Ialah kisah Cinta dan Rangga dalam film "Ada Apa Dengan Cinta?". Terbukti, sekuel "Ada Apa Dengan Cinta 2" pada 2016 lalu masih banyak menarik perhatian pecinta film Tanah Air.

Film yang diperankan oleh Dian Sastro dan Nicholas Saputra ini bisa disaksikan di Netflix. Kamu yang belum menonton pun tak perlu dilanda rasa penasaran karena kelanjutan kisah asmara Cinta dan Rangga sudah bisa ditonton di "AADC 2".

3. Rumah Dara


Rumah Dara

Tak suka film romantis? Tenang! Kamu bisa nonton film horor bertajuk "Rumah Dara". Film yang dirilis pada awal 2010 ini menceritakan tentang sekelompok pemuda-pemudi yang terjebak di rumah milik seorang pembunuh bernama "Dara".

Film "Rumah Dara" dibintangi Shareefa Daanish dan Julie Estelle. Perpaduan akting dua aktris ini benar-benar memukau karena "Rumah Dara" disutradarai oleh Mo Brothers, Timo Tjahyanto dan Kimo Stamboel.

4. The Raid


The Raid

"The Raid" merupakan film laga Indonesia yang begitu mencuri perhatian. Film yang dapat disaksikan di Netflix ini sukses mengantarkan Iko Uwais dan Joe Taslim dilirik para sineas Hollywood saking kerennya.

"The Raid" terdiri dari 2 film, yang pertama dirilis pada 2011. Sedangkan sekuelnya, "The Raid: Berandal" ditayangkan pada 2014 silam. "The Raid" mendapatkan berbagai penghargaan Internasional, salah satunya The Cadillac People's Choice Midnight Madness Award di Festival Film Internasional Toronto.

5. Catatan Akhir Sekolah


Catatan Akhir Sekolah

"Catatan Akhir Sekolah" mengisahkan tiga sahabat yang membuat film dokumentasi kehidupan di sekolah, termasuk kenakalan serta percintaan siswa SMA. Film garapan Hanung Bramantyo ini dibintangi oleh Vino Bastian, Marcel Chandrawinata, Ramon Y. Tungka, Joanna Alexandra, hingga Christian Sugiono.

Para pemain "Catatan Akhir Sekolah" kini sudah tak lagi remaja. Banyak di antara mereka telah berkeluarga. Namun, kisah masa SMA dalam film yang tayang pada 2005 ini bakal tetap bisa dinikmati oleh pelajar milineal masa kini, kok!

6. Janji Joni


Janji Joni

Ngefans dengan Nicholas Saputra? Selain "AADC?", kamu harus nonton juga filmnya yang bertajuk "Janji Joni". Film ini diarahkan oleh sutradara yang kini dikenal sebagai spesialis horor, Joko Anwar.

Dirilis pada 2005, film bergenre drama komedi ini mengisahkan seorang pengantar roll film bernama Joni. Suatu ketika, Joni bertemu dengan wanita yang diperankan Mariana Renata. Untuk mengetahui nama wanita tersebut, Joni harus selalu mengantar roll film tepat waktu. Penasaran?

7. Petulangan Sherina


Petulangan Sherina

Bagi generasi 90-an, "Petualangan Sherina" merupakan film yang tak mungkin bisa dilupakan. Sherina dan Derby Romero merupakan pemeran utama film yang dirilis pada 2000 silam tersebut.

Rencananya, film "Petualangan Sherina" akan dibikin sekuel dan dijadwalkan tayang tahun 2020 ini. Jadi, ada baiknya para pelajar milenial atau generasi 90-an kembali menonton film "Petualangan Sherina" sebelum sekuelnya dirilis. Setuju?

8. Laskar Pelangi


Laskar Pelangi

Di antara film-film Indonesia hari ini, "Laskar Pelangi" mendadak juga kembali dibicarakan. Film yang diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata tersebut memang begitu booming saat dirilis pada 2008.

Sama seperti "Petualangan Sherina", "Laskar Pelangi" juga merupakan film segala usia yang membuat penontonnya tak takut untuk bermimpi. Sekuel "Laskar Pelangi", yakni "Sang Pemimpi", juga telah dirilis tahun 2009. Dua film tersebut kini sama-sama bisa dinikmati di Netflix.

You can share this post!