Pasien Positif Corona di Kalimantan Tengah Meninggal Usai Dinyatakan Sembuh, Kenapa?
Nasional

Seorang pasien dari Kalimantan Tengah meninggal dunia setelah dinyatakan sembuh dari wabah virus corona. Lantas kepala Dinas Kesehatan membeberkan penyebab kematian pasien tersebut.

WowKeren - Seorang pasien positif corona di Kalimantan Tengah dinyatakan sembuh. Namun pasien tersebut dinyatakan meninggal dunia di RSUD dokter Doris Sylvanus Palangka Raya, Senin (30/03) karena serangan jantung.

"Hari ini salah satu pasien yang Covid-19 telah meninggal dunia," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Suyuti Syamsul dalam keterangannya, Senin (30/3). Sayuti kemudian menjelaskan bahwa pasien tersebut sebelumnya datang ke rumah sakit karena serangan jantung.

Namun ia juga mengalami gejala mirip virus Corona. Kendati begitu, perawatannya pun dilakukan mengikuti prosedur PDP (Pasien Dalam Pengawasan). Lantas pasien melakukan pemeriksaan tes laboratorium dan hasilnya dinyatakan negatif dari corona.


"Pemeriksaan swab terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga diobati dengan protokol Covid-19. Setelah diobati beberapa hari, swab untuk keperluan konfirmasi kesembuhan dikirim kembali untuk pemeriksaan," papar Sayuti. "Melalui konfirmasi WA yang dilakukan oleh Direktur RSUD Doris Sylvanus ke pusat, pasien pemeriksaan laboratorium dinyatakan sudah negatif Covid-19 (sembuh)."

Setelah itu, pasien sempat akan dipindahkan ke ruang perawatan biasa khusus untuk perawatan jantung pada siang hari. Kemudian direncanakan sore harinya akan diumumkan bahwa pasien tersebut sudah sembuh dari Covid-19. Tetapi pasien malah mengalami serangan jantung dan tak bisa diselamatkan. "Namun pasien kembali mengalami serangan jantung dan tidak bisa diselamatkan (meninggal)," jelas Sayuti.

Kendati demikian, pasien akan dikebumikan sebagaimana mestinya tanpa mengikuti protokol penguburan jenazah positif corona. "Karena pasien sudah dinyatakan negatif maka prosedur penguburan yang akan dilaksanakan tidak menggunakan protokol penguburan jenazah Covid-19 kecuali ada pertimbangan lain nantinya," pungkas Sayuti.

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait